Bolehkah Ibu Hamil Makan Tape Singkong

Advertisement
Pernahkah Anda mendengar pertanyaan bolehkah ibu hamil makan tape singkong ?Mungkin Anda para wanita yang sudah menjadi ibu atau sedang mengandung pernah menanyakan ini. Kondisi yang tidak biasa ketika seorang wanita hamil adalah nyidam. Nyidam adalah keadaan saat ibu hamil sangat menginginkan sesuatu. Seringkali nyidam ini dalam bentuk makanan. Makanan yang dia inginkan biasanya sulit ditemui atau mungkin tidak musimnya.

Makanan yang biasanya diinginkan pada waktu wanita hamil adalah makanan yang berasa asam. Misalnya mangga muda, nanas, hingga tape singkong. Namun tidak semua makanan yang diinginkan ini berdampak baik, ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, seperti tape.

 


Boleh tidak ibu hamil makan tape singkong ? Sebenarnya semua makanan itu mengandung nutrisi walaupun ada yang sangat kecil akan tetapi khusus tapi dibuat dari proses fermentasi yang kemudian mengandung zat alkohol yang berbahaya bagi semua orang, apalagi buat ibu mengandung.

Tape adalah jenis makanan yang terbuat dari fermentasi bahan utamanya. Jenis tape ada dua yaitu tape ketan dan tape singkong. Tape memiliki rasa asam sekaligus mengandung alcohol. Kadar alcohol di dalam tape memang tidak banyak, dan bergantung pada lama tidaknya fermentasi.

Kenapa Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Tape Singkong ?
Kembali pada pertanyaan bolehkan ibu hamil makan tape singkong. Jawabannya tidak dianjurkan atau lebih baik tidak. Makanan seperti tape dan makanan fermentasi lainnya seperti legen ini memang lezat dikonsumsi. Namun dampaknya kurang begitu bagus untuk kesehatan janin.

Inilah beberapa dampak yang bisa ditimbulkan oleh konsumsi tape untuk ibu hamil

1. Bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil
Mitosnya, mengonsumsi tape atau makanan berfermentasi bisa menimbulkan rasa panas di dalam tubuh. Dan jika ibu hamil mengonsumsinya, apalagi dalam jumlah yang cukup banyak dikhawatirkan akan megganggu kondisi janin dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu.

2. Bisa menyebabkan anak cacat
Bahayakah ibu hamil makan tape singkong ? ya, kemungkinan besar bahaya karena ada kandungan alcohol berlebih yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa menyebabkan FAS atau foetal alcohol spectrum disorder pada janin. Sindrom ini bisa menggangu pertumbuhan dan perkembangan janin. Mungkin saja janin tumbuh tidak lengkap atau tidak tumbuh normal. Misalkan berat janin tidak seberat seharusnya. Sangat disarankan untuk ibu hamil untuk tidak mengonsumsi alcohol maupun makanan berfermentasi seperti alcohol.

3. Bisa menyebabkan kegagalan fungsi hati
Dampak terparah atau terburuknya konsumsi tape ini bisa pula menyebabkan kegagalan fungsi hari pada bayi. Hal ini bisa terjadi sebab hati pada bayi pada dasarnya belum bisa berfungsi optimal seperti orang dewasa.

Jadi jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan tape singkong adalah tidak.

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Makan Tape Singkong"

Poskan Komentar