Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Luwak

Advertisement
Seiring dengan kepopulerannya, maka tidak bumil sering bertanya bolehkah ibu hamil minum kopi luwak ? Jawabannya akan kami kupas pada perjumpaan kali ini ya moms. Kopi luwak termasuk salah satu jenis kopi yang sangat terkenal di Indonesia maka tidak heran wanita hamil ingin sekali merasakan kenikmatannya, dan bahkan mulai jaman dahulu minuman berkafein ini mempunyai harga yang tinggi di pasar domestik dan mancanegara.

Kopi ini sangat khas sebab proses produksinya. Produksi kopi luwak ini adalah berkat bantuan hewan luwak. Pertama luwak akan memakan biji kopi. Tidak semua biji kopi dimakan luwak, hanya biji tertentu yang menurut luwak bagus akan dimakannya. Kemudian kopi ini akan dikeluarkan kembali saat dia buang air besar. Terakhir, ada proses pengolahan hingga kopi siap dikonsumsi dalam bentuk bubuk kopi.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Luwak


Wanita hamil minum kopi luwak memang sering kita jumpai karena mereka beralasan kopi jenis ini tidak berbahaya bagi kesehatan kehamilan, namun perlu diperhatikan bahwa asupannya harus diminimalisir supaya kandungan ibu mengandung tetap sehat dan terjaga.

Berlanjut lagi, mungkin ini sedikit menjijikan namun kopi yang dihasilkan memiliki cita rasa yang tinggi. Sebab prosesnya yang sulit dan pembudidayaan luwak cukup susah, maka harga kopi inipun cukup mahal. Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi luwak terbesar se-Asia Tenggara. Daerah penghasil kopi luwak adalah Aceh, Jawa Timur dan lain-lain.

Penikmat kopi ini biasanya adalah kalangan menengah ke atas. Kopi dikenal adalah minuman segala usia. Dari remaja hingga orang dewasa. Tidak menutup juga ibu hamil suka mengonsumsi kopi.

Namun bolehkah ibu hamil minum kopi luwak?


Seorang wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk memilih dan mengontrol makanan yang dikonsumsi. Mungkin ada wanita yang punya kebiasaan buruk mengonsumsi makanan kurang sehat sebelum masa kehamilannya. Namun, ketika mengandung ibu hamil sebaiknya meninggalkan kebiasaan kurang baik tersebut. Seperti kebiasaan meminum kopi.

Boleh gak ibu hamil minum kopi luwak ? boleh kok bunda akan tetapi sedikit saja ya, karena kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi dan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan wanita hamil dan janin. Apalagi kopi luwak, kandungan kafein di dalamnya cukup tinggi dibandingkan dengan kopi jenis lain. Kafein ini bisa mengakibatkan candu. Ada beberapa efek samping yang lain seperti mual dan penyakit lain.

Sebenarnya ada pula manfaat yang bisa didapatkan dari minum kopi. Kopi bisa mengurangi resiko kanker, mencegah diabetes, membuat daya tahan tubuh lebih baik, dan membantu proses pembakaran lemak. Manfaat ini bisa dirasakan oleh orang dalam kondisi normal.

Bila ibu hamil ingin minum kopi luwak maka disarankan tidak lebih dari satu cangkir sehari. Dan ini pun tidak boleh terlalu sering. Sebab dikhawatirkan bisa berpengaruh buruk pada perkembangan janin. ada riset yang menyebutkan bahwa resiko keguguran pada ibu mengandung yang minum kopi terlalu banyak lebih tinggi daripada ibu hamil yang tidak mengonsumsi kopi. Maka, sebenarnya jawaban bolehkah ibu hamil minum kopi luwak itu semua bergantung pada orang masing-masing.

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Luwak"

Poskan Komentar