Bolehkah Ibu Hamil Minum Soda Gembira ?

Advertisement
Jangan minum soda selama hamil, nanti anaknya terlalu gemuk. Apakah mitos itu benar? Tidak bolehkah ibu hamil minum soda gembira ?

Ibu mengandung memang mempunyai beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan karena ditakutkan berdampak negatif kepada perkembangan janin maupun kesehatannya. Wanita hamil pun sangat disarankan untuk mengatur pola makan yang sehat sehingga pertumbuhan bayi dalam rahim sesuai dengan harapan atau normal menurut dokter kandungan.

Apakah ibu hamil boleh minum soda gembira ? untuk menjawab pertanyaan ini marilah kita bahas terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan minuman manis menyegarkan ini.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Soda Gembira ?


Apa sih soda gembira itu?

Soda gembira atau es mega mendung adalah salah satu minuman dengan bahan dasar soda. Selain soda, es soda gembira ini dicampur dengan susu, sirup, dan tentunya es. Percampuran semua bahan tadi akan menjadi satu minuman yang creamy dan tentunya sangat manis. Es ini salah satu minuman khas Indonesia dan sangat mudah dijumpai di tempat makan, depot hingga restoran. Tak heran kemudian ada yang was-was apakah berbahaya soda gembira untuk ibu hamil ?

Entah darimana asalnya nama minuman ini menjadi soda gembira. Gembira yang dalam bahasa Indonesia berarti bahagia dan senang. Mungkin saja setelah mengonsumsi minuman itu orang akan menjadi senang alias gembira.

Bolehkah ibu hamil minum soda gembira ?

Pertanyaan kedua adalah bolehkah ibu hamil minum soda gembira. Sebenarnya yang dipermasalahkan bukan minumannya. Namun kandungan yang utama dalam minuman tersebut adalah soda. Sedangkan soda tidak terlalu baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil apalagi jika terlalu sering. Inilah pengaruh konsumsi soda berlebih pada ibu hamil

1. Obesitas

Soda gembira memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi. Glukosa ini bisa memicu meningkatnya berat janin dan dapat beresiko obesitas untuk wanita hamil. Obesitas pada bayi akan mempengaruhi kesehatannya dan tentu proses persalinannya nanti. Bukan hanya pada bayi, namun obesitas bisa pula dialami oleh ibu hamil. Orang yang mengalami obesitas lebih tinggi terkena penyakit diabetes daripada yang tidak.

2. Hipertensi

Selain glukosa yang tinggi, soda juga mengandung kafein. Kafein ini bisa memicu munculnya darah tinggi atau hipertensi. Tentunya kondisi ini sangat tidak baik untuk ibu hamil. Disarankan untuk ibu hamil untuk menjaga pola makan, pola tidur dan juga pikiran agar tidak terjadi hipertensi.

3. Sistem imunitas

Hal ketiga yang menjadi akibatnya adalah sistem imunitas yang menurun. Konsumsi soda berlebih bisa menurunkan imunitas seseorang. Sebab kandungan gula yang sangat tinggi dapat menghalangi tubuh melawan bakteri.

4. Kesehatan tulang

Terakhir adalah kesehatan tulang. Wanita hamil membutuhkan kalsium yang lebih banyak daripada sebelum hamil. Sebab kalsium ini juga dibutuhkan oleh pertumbuhan janin. Sedangkan soda memiliki sifat yang bisa menghambat penyerapan kalsium.

Yup itulah seputar jawaban Bolehkah ibu hamil minum soda gembira yang diharapkan menjadi ilmu berharga bagi bumil. Bukan hanya ibu mengandung saja yang disarankan untuk mengurangi konsumsi soda. Namun untuk semua usia dan kondisi soda bukanlah pilihan minuman yang bisa dikonsumsi secara berlebih.

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Minum Soda Gembira ?"

Poskan Komentar