Cara Supaya Bayi Berak Dengan Mudah Dan Lancar

Advertisement
Ketika mempunyai bayi orang tua harus belajar banyak hal. Mulai cara memandikan bayi, cara mengganti popok bayi, cara agar bayi tidur nyenyak hingga cara supaya bayi berak dengan mudah dan lancar. Bayi yang baru lahir masih kondisinya masih sangat rentan. Ada cara tersendiri yang harus dipelajari orang tua untuk merawat bayi. Banyak ibu yang lebih memercayakan nenek bayi untuk memandikan, karena sudah mempunyai pengalaman. Bagaimana cara memegang yang benar, membasuh serta membersihkan badan bayi.

Apabila bayi tidak berak lebih dari 2 hari tentu akan menjadi keresahan bagi ibu menyusui sehingga pikiran tidak tenang. Sedangkan buah hati kita harus mendapatkan kesehatan bayi yang normal dan semakin membaik seiring dengan pertumbungan dan perkembangannya ke depan, oleh karena itu cara mengatasi bayi sulit berak penting untuk diketahui.

Cara Supaya Bayi Berak Dengan Mudah Dan Lancar

Orang tua juga harus belajar tentang sebab-sebab bayi menangis. Bayi akan menangis ketika dia merasa lapar, mengantuk, kencing maupun berak keras, dan jika dia merasa tidak nyaman. Setiap tangisan bayi memiliki arti yang berbeda, dan hanya orang tua khususnya ibu yang akan mengetahuinya. Seorang ibu akan dengan mudah mengenali suara tangisan bayinya walaupun ada tangisan bayi lainnya.

Pola tidur, pola makan, dan juga pola pencernaan bayi baru lahir masih belum seperti orang dewasa. Bayi biasanya tidur 15-16 jam setiap harinya. Di samping itu bayi akan berak sebanyak 3-4 kali dalam satu harinya. Ada beberapa cara untuk membuat bayi berak, yakni

1. Memberi ASI

Cara memudahkan bayi berak yang pertama ialah dengan memperhatikan ASI menjadi asupan nutrisi utama untuk bayi. ASI sangat baik untuk bayi, karena nutrisi dan kandungannya yang lengkap. ASI baik diberikan secara ekslusif selama 6 bulan tanpa memberikan makanan selain itu. Akan lebih baik jika terus diberikan hingga usia 2 tahun.

ASI bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi, termasuk untuk pencernaannya. Dengan memberikan ASI ekslusif pencernaan bayi akan lancar, bayi akan mudah berak.

2. Memilih susu formula yang tepat

Banyak ibu yang tidak bisa memberikan ASI ekslusif kepada bayinya. Penyebabnya bisa karena ASI tidak keluar, atau bayi tidak mau meminum ASI. Solusinya adalah dengan memberikan susu formula. Susu formula yang beredar di pasaran sangat beragam mulai dari kandungan serta harga.

Tips supaya bayi berak ialah dengan memilih susu formula yang tepat untuk bayi, pelajari dengan baik kandungan yang ada di dalamnya. Bayi sangat sensitif dengan susu atau makanan yang dikonsumsinya. Jangan sering mengganti susu formula untuk bayi, karena itu bisa menyebabkan bayi susah berak atau justru diare.

3. Memijat pelan

Cara lain agar bayi cepat berak adalah dengan memberikan pijatan halus pada bagian perutnya. Pijatan ini menjadi salah satu cara supaya bayi berak.

0 Response to "Cara Supaya Bayi Berak Dengan Mudah Dan Lancar"

Poskan Komentar