Cara Supaya Bayi Tidur Nyenyak Dan Pulas

Advertisement
Orang tua yang baru baru mempunyai anak pasti memikirkan cara supaya bayi tidur nyenyak di malam hari, kalau bisa bayi bisa memejamkan mata dengan pulas sehingga mereka tidak rewel dan menangis semalaman. Bayi pada dasarnya memang belum mengetahui waktunya tidur dan pola tidurnya tidak menentu. Bayi yang baru lahir memiliki jam tidur 15-16 jam setiap hari. Lamanya waktu tidur akan berkurang seiring bertambahnya usia bayi. Waktu tidur bayi pun tidak menentu, bayi sering kali terjaga pada malam hingga dini hari. Hal ini tentu akan membangunkan dan mengharuskan orang tua menemaninya. Kebanyakan orang berkata, siaplah begadang setiap harinya ketika punya seorang bayi. Orang tua bisa membagi tugas atau bergantian menjaga bayi pada malam hari.

Seorang ibu menyusui memang harus sabar dalam menanggapi tangisan bayi, akan tetapi kita harus mengetahui penyebab sekaligus solusi supaya mereka dapat cepat tidur di malam hari tanpa ada kendala yang berarti.

cara supaya bayi tidur nyenyak di malam hari

Tips Supaya Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari


Agar supaya bayi tidur nyenyak utamanya pada malam hari, hal ini bisa orang tua lakukan.

1. Memberikan susu atau ASI sebelum tidur
Alasan mengapa bayi tidak bisa tidur nyenyak yakni lapar. Jika bayi sedang lapar maka dia akan menangis meminta susu. Sebelum dia tidur maka lebih baik berikan susu atau ASI yang cukup. Terkadang bayi akan tidur sambil dia menyusu pada ibunya. Sedangkan untuk bayi yang tidak minum ASI, orang tua sebaiknya menyiapkan botol yang diisi susu formula, dan tinggal menambahkan air hangat ketika bayi akan tidur.

2. Mandikan dengan air hangat
Memandikan bayi dengan air hangat akan memberikan rasa nyaman. Menggunakan air hangat pada sore hari akan membuat nyenyak tidur bayi. Airnya tidak perlu panas, cukup gunakan air suam-suam kuku. Gunakan peralatan mandi khusus bayi agar kulit dan rambut bayi terlindungi.

3. Memakaikan popok
Sebelum tidur, jangan lupa mengganti popok dengan yang baru. Alasan lain bayi menangis adalah ketika dia pipis atau bab. Ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi. Untuk malam hari, gunakan popok khusus malam yang lebih lebar dan nyaman. Pilihlah popok yang bisa menyerap air dengan baik, sehingga nyaman dan aman untuk kulit bayi.

Sebenarnya popok yang paling baik adalah popok dari kain. Popok kain yang digunakan orang dulu lebih aman dan tidak mengandung bahan kimia sehingga tidak menimbulkan iritasi. Namun seiring perkembangan zaman, orang lebih suka memakai popok sekali pakai karena lebih praktis.

4. Tidur di samping orang tua
Temanilah bayi ketika tidur. Bayi akan merasa aman dan orang tua bisa menjaga setiap saat dengan tidur bersama bayi. Tidur bersama orang tua adalah salah satu cara agar bayi tidur nyenyak.

Sekian ya moms, share cara supaya bayi tidur nyenyak dan pulas di malam hari yang segera dapat dikerjakan untuk buah hati tercinta.

0 Response to "Cara Supaya Bayi Tidur Nyenyak Dan Pulas"

Poskan Komentar