Penyebab dan Pengaruh Ibu Hamil Stres Pada Janin

Advertisement
Pengaruh ibu hamil stres pada janin kuranglah baik. Stres merupakan keadaan emosi, kondisi pikiran yang tidak stabil dan sedang dalam ketegangan. Stress memang sangat rentan dirasakan oleh siapapun, mulai dari remaja hingga orang tua. Anak sekolah pun bisa merasakan stress, mungkin karena terlalu berat tuntutan di sekolah atau tuntutan orang tua. Hingga ibu hamil juga kerap kali dilanda stress.

Kehidupan sosial dan kondisi ekonomi yang memburuk memberikan tekanan yang besar kepada ibu mengandung sekaligus yang mengelol urusan rumah tangga sehingga bisa jadi mengalami stres, dan masih ada beberapa penyebab lainnya yang kita ulas sesi ini.

pengaruh ibu hamil stress pada janin


Ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan stress pada orang, antara lain,

1. Berfikir terlalu keras. Faktor utama stress adalah ketika orang berfikir akan suatu hal atau masalah namun terlalu keras. Orang yang terlalu memikirkan masalah dan tidak berfokus pada solusi rentan terkena stress. Termasuk ibu hamil, mungkin ibu merasakan beberapa masalah atau ketidaknyamanan saat hamil.

2. Kurang mengontrol emosi. Ibu hamil mengalami perubahan hormon yang bisa menyebabkan labilnya emosi. Emosi ibu hamil biasanya lebih sensitif daripada sebelum hamil. Maka ibu hamil sebaiknya lebih mengontrol emosi agar tidak stress.

3. Adanya perubahan dalam diri. Dalam satu kondisi terkadang orang mengalami banyak masalah atau banyak perubahan. Ibu hamil mengalami banyak perubahan dari sebelum hamil hingga janin yang tumbuh dan berkembang di rahimnya. Mungkin ada ibu hamil yang kurang bisa menerima perubahan tersebut dan bisa merasakan stress.

Pengaruh ibu hamil stress pada janin tentulah kurang baik. Janin bisa merasakan apa yang dirasakan oleh ibunya sebab ada hubungan yang sangat kuat antara ibu dan janin dalam kandungan. Inilah pengaruh kurang baik yang dialami janin jika ibu stress, antara lain

1. Perkembangan janin kurang baik

Perkembangan janin bisa saja terhambat jika ibu stress. Apalagi stress yang berkepanjangan. Hakikatnya ibu hamil sebaiknya selalu bahagia agar tumbuh kembang janin selalu baik. Maka jika ibu hamil stress janin pun bisa tumbuh dan berkembang kurang baik. Misalkan berat badan janin yang kurang.

2. Kekebalan janin berkurang.

Selain tumbuh kembang janin, kekebalan janin pun bisa terganggu. Janin bisa saja rentan terkena penyakit karena kekebalan janin yang kurang baik.

3. Kondisi mental janin saat lahir

Bukan hanya berpengaruh pada janin saat di kandungan saja. Namun stress juga bisa berpengaruh hingga bayi lahir. Kondisi mental bayi bisa jadi terpengaruh.

Itulah pengaruh ibu hamil stress pada janin. Maka bagi ibu hamil sebaiknya menjaga kondisi jiwa dan fisiknya secara baik dan selalu bahagia, saran terbaik kami supaya bunda mendekatkan diri kepada Ilahi dan menerapkan Islam dengan sebaik-baiknya.

0 Response to "Penyebab dan Pengaruh Ibu Hamil Stres Pada Janin"

Poskan Komentar