5 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Advertisement
Sudah banyak bunda yang tahu begitu besar manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui sebagai makanan yang sangat baik saat mengidam atau trimester pertama (3 bulan) kehamilan. Anda sebagai ibu mengandung pasti sering merancang pola makan yang sehat untuk kesehatan pribadi dan buah hati dalam perut.

Setelah Anda mendapatkan hasil tes kehamilan yang positif, maka banyak orang di sekitar yang memberikan nasehat dan tips mengenai makanan apa yang harus dikonsumsi dan makanan apa yang menjadi pantangan.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Dan pada saat bulan ramadhan makanan kurma menjadi populer karena bernuansa Islami dengan adanya sunnah Nabi Saw, tetapi banyak moms yang kebingungan apa manfaat buah kurma untuk ibu hamil dan menyusui ?

Kandungan Kurma Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Berikut adalah daftar kandungan nutrisi buah kurma yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan ibu menyusui yaitu :

Berikut tabel kandungan buah kurma untuk sajian per 100 gram dari nilai gizi harian :

  1. Energi/kalori : 282 Kcal
  2. Protein : 2,5 gram
  3. Serat : 8 gram
  4. Lemak : 0,4 gram
  5. Folat : 19 mu gs
  6. Besi : 1,09 miligram
  7. Vitamin K : 2,7 mu gram
  8. Magnesium : 43 miligram
  9. Kalium : 656 miligram
Dengan kandungan kurma pada list di atas Anda tentu dapat membayangkan manfaat kurma untuk ibu menyusui dan mengandung, semisal kadar kalori, protein dan serat yang cukup tinggi.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui


Beruntung sampai sekarang belum ada studi ilmiah yang meneragkan bahwa kurma itu makanan yang berdampak negatif atau berbahaya bagi wanita hamil. Malah sebaliknya, buah kurma yang kaya akan sarat dan nutrisi lainnya memberikan manfaat bagi ibu mengandung dan bayi.

Kenapa kurma sangat baik bagi ibu hamil ? karena buah khas arab ini kaya akan kandungan protein, serat dan beberapa vitamin utama bagi tubuh, dan asyiknya kurma itu yang sangat rendah lemak lho !

Adapun serat dalam buah kurma itu terdiri dari kombinasi serat larut dan tidak larut yang bakal menjaga sistem pencernaan ibu hamil. Kurma juga memiliki gula alami dalam jumlah yang baik, dan masih ada kandungan kalium yang tingggi dan sodium yang rendah sehingga menjaga sistem saraf bayi dan wanita hamil.

Berikut kami ulas beberapa manfaat kurma bagi ibu hamil dan ibu menyusui yakni,

1. Gula Alami dan Kalori Yang Baik

Selama masa kehamilan ibu mengandung membutuhkan banyak energi, dan manfaat kurma untuk ibu hamil 2 bulan itu didapat dari kandungan gula pada kurma dapat menjadi penyedia energi tercepat untuk mencegah badan lesu atau lemas akibat mual dan muntah.

2. Protein Yang Tinggi

Manfaat kurma buat ibu hamil dan janin ada pada protein karena tinggi kadar asam amino yang akan membantu membangun jaringan tubuh ibu hamil dan janin.

3. Serat Yang Besar

Manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui didapat dari kandungan serat yang besar karena akan membantu dalam menjaga sistem pencernaan sekaligus mengatasi masalah sembelit. Serat untuk ibu hamil akan mengurangi kadar kolesterol dan melindungi tubuh dari infeksi.

Apabila ibu hamil mengalami tekanan darah dan diabetes maka serat membantu mengatasi penyakit ini. serat juga akan menjaga berat badan yang idial selama masa mengandung.

4. Asam Folat

Asam folat akan membantu tubuh ibu hamil dalam pembentukan sel-sel baru dan mencegah serangan penyakit anemia, asam folat juga mencegah bahaya cacat lahir dengan kerusakan otak dan resiko penyakit sumsum tulang belakang pada bayi bunda.

5. Vitamin K

Vitamin K pada buah kurma memberikan manfaat untuk ibu hamil berupa pembekuan darah sehingga ketika terluka bumil tidak mengalami pendarahan yang hebat, dan manfaat vitamin K ialah untuk menjaga tulang agar kuat dan kokoh.

Itulah ulasan lengkap tentang manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui yang dapat memberikan Anda semangat untuk terus mengkonsumsi buah sehat ini !

0 Response to "5 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui"

Poskan Komentar