Amankah Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Muda ?

Advertisement
Sebagian bumil merasa bingung tentang pro dan kontra tentang bahaya atau manfaat susu kedelai bagi ibu hamil sehingga mereka ada yang menahan untuk meminumnya selama kehamilan. Bahkan informasi paling mengerikan adalah minum susu kedelai secara rutin bisa berakibat fatal berupa keguguran janin, amankah susu kedelai untuk ibu hamil muda ?

Moms sebagai ibu hamil tentu tahu bahwa susu kedelai ialah salah satu minuman sehat yang sudah dikenal baik oleh masyarakat, bahkan kita dapat menjupainya secara mudah di sekolah, pasar, pedagang sayur keliling dan lainnya.

Dan sekarang susu kedelai sudah banyak diproduksi oleh pabrik besar atau bonafit di tanah air dengan memasarkan produknya melalui ikan di televisi atau media cetak, sedangkan di barat susu kedelai mempunyai sebutan lain yaitu soy milk, soya milk dan jus kedelai yang sering diminum oleh orang Amerika Serikat dan Eropa untuk kesehatan, atau bagi mereka yang hanya makan sayur atau tidak mengkonsumsi berbagai produk hewani (vegetarian) semisal susu sapi atau susu kambing.

Bolehkan Ibu Hamil Muda Minum Susu Kedelai


Amankah Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Muda ?
Secara kandungan gizi maka susu kedelai sama seperti susu sapi yang dapat memberikan manfaat dan khasiat serta dampak positifbagi kesehatan setiap orang yang meminumnya. Kami sering mendengar bahwa ibu hamil dianjurkan supaya tidak minum susu kedelai karena akan mengganggu janin dan bahkan keguguran.

Maka saran pertama kami untuk wanita hamil supaya minum susu kedelai dalam porsi kecil dan tidak setiap hari pada usia kehamilan trimester pertama (1 sampai 3 bulan), kenapa ? Karena diketahui ada kandungan senyawa phytoestrogen dalam susu kedelai yang akan memberikan bahaya keguguran. Kandungan senyawa phytoestrogen kebanyakan memang didapat tubuh dari tumbuhan, padahal phyoestrogen itu akan mempunyai sifat yang sama dengan estrogen yang diproduksi oleh tubuh bunda terutama pada saat wanita menopause.

Kandungan senyawa phytoestrogen dalam susu kedelai menurut beberapa sumber mengatakan sama dengan produksi estrogen di trimester pertama kehamilan bisa memunculkan gejala kontraksi rahim karena perekat janin yang belum cukup kuat terjalin.

Setelah ibu mengandung melewati tiga bulan pertama kehamilan maka boleh untuk minum susu kedelai karena perekat janin yang sudah kokoh dan apabila moms minum susu kedelai pada porsi yang normal (semisal segelas (150 cc) sehari) maka tidak ada dampak negatif.

Perlu Anda pahami bahwa bahaya keguguran itu tidak hanya dari penyebab makanan melainkan dari kekuatan rahim serta riwayat pra kehamilan. Mengkonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil itu memberikan manfaat dan khasiat yang banyak apabila minum dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan pada usia trimester kedua.

Bolehkah Ibu Hamil Muda Minum Susu Kedelai Setiap Hari ?
Kami sudah menjawab pertanyaan ini tadi yakni susu kedelai sebaiknya diminum pada porsi yang sedikit dan tidak rutin semisal segelas susu kedelai diminum 3 hari sekali tergolong. Namun ibu hamil muda jangan minum susu kedelai setiap hari karena ada senyawa phytoestrogen yang sama dengan hormon estrogen yang bisa memicu keguguran.

Itulah jawaban dari pertanyaan bunda amankah susu kedelai untuk ibu hamil muda ? yang kami harap menjadi ilmu bermanfaat untuk menjaga diri dan buah hati moms !

0 Response to "Amankah Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Muda ?"

Poskan Komentar