Bahaya Dan Cara Mengatasi Stress Pada Ibu Hamil

Advertisement
Perlu moms ketahui bahwa meskipun Anda semasa kehamilan mengalami tekanan pikiran dan perasaan akan mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat dan cerdas. Wanita mengandung memang nornal akan mendapati dirinya stres, akan tetapi penting untuk mengetahui bahaya dan cara mengatasi stress pada ibu hamil yang alami dan aman sehingga resiko buruk dapat dicegah.

Di saat keadaan negeri ini semakin memburuk baik ekonomi yang melemah dengan dampak pengangguran, tatanan sosial yang rusak dan kriminalitas meninggi tentu memberikan perasaan tidak tenang kepada siapa saja dan terutama bagi ibu hamil.

Cara Mengatasi Stress Pada Ibu Hamil

Bahaya Stress Pada Ibu Bamil
Pikiran penuh dengan tekanan semasa kehamilan itu diakibatkan oleh perubahan yang terjadi dalam hidup dan tubuh moms. Dan yang menghawatirkan atau stress dengan dampak bahaya apabila bunda mengalami stres dan cemas yang terus bertambah besar dari hari ke hari, maka segera datang ke bidan atau dokter kandungan untuk bantuan bantuan medis.

Kenapa stress pada ibu hamil itu terus menerus meningkat ? Banyak faktor selain dari perubahan hidup dan fisik semisal tekanan ekonomi, perasaan kurang siap mendidik anak, jalinan kasih dengan suami yang buruk dan penyebab lainnya.

Apabila tingkat kecemasan semakin meninggi maka dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan disebabkan hormon stres kortisol bisa saja menembus plasenta kemudian memberikan dampak negatif pada blok bangunan perkembangan emosional janin dalam rahim Anda.

Tentu saja, bahaya stress bagi ibu hamil di atas bisa saja berkembang menjadi beberapa resiko kompleks yang mengurangi kemampuan bayi moms yang pada akhirnya mereka kesulitan dalam belajar dan berhubungan dengan dunia ketika sudah umur balita. Sangat penting dan masuk akal demi kesehatan dan kecerdasan bayi maka pelajarilah tips mengatasi stres pada ibu hamil sekarang juga.

Cara Mengatasi Stress Pada Ibu Hamil
Bunda yang bertanya bagaimana cara menghilangkan stres selama kehamilan ? Kamis share beberapa tips mengurangi rasa stress dengan langkah yang baik untuk diterapkan ya, yakni :

1. Perbanyak Istirahat dan Jalin Komunikasi Dengan Bayi
Cobalah untuk mengambil waktu santai pada pagi, siang dan sore hari meskipun itu hanya 1-2 jam saja karena hal itu sangat baik untuk kesehatan Anda dan bayi Anda. Kemudian jangan pernah memikirkan masa lalu yang kelam dan terus merasa bersalah tentang hal itu.

Cobalah untuk berkomunikasi dengan janin di perut bunda, mengaji al Qur’an dan membaca dengan suara terdengar tentang kisah-kisah teladan dari Nabi Saw dan para sahabatnya bisa membentuk ikatan yang baik dengan bayi Anda meskipun dia belum lahir.

2. Bicarakan Masalah Dengan Suami Dan Keluarga
Cara menghilangkan stress pada ibu hamil selanjutnya ialah jangan memendam masalah besar dan menghadapinya sendirian, cobalah untuk membicarakan masalah-masalah dengan suami dan keluarga, sehingga apabila Anda mempunyai pikiran stress dapat segera mendapatkan support atau dukungan yang baik dari orang di sekitar Anda.

Apabila Anda merasa kurang siap dengan kelahiran buah hati maka cari apa saja keperluan atau kesiapan yang dibutuhkan, dan paling baik berkonsultasi hal ini dengan ibu atau mertua Anda.

Dan jika ada masalah dengan kandungan segera datang ke bidan atau dokter kandungan untuk mendapatkan penjelasan yang menenangkan hati dan solusi yang baik.

3. Pola Makan Yang Baik
Pola makan yang baik dapat memberikan kondisi yang baik untuk pikiran dan perasaan bunda, dan bakan tubuh Anda semakin sehat. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak esensial, omega-3, vitamin dan mineral, karena semua nutrisi ini dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang.

Asam lemak omega-3 bisa didapat dari beberapa makanan seperti ikan salmon, sarden, tuna dan mackerel.

Peneliti menjelaskan asam amino triptofan esensial bisa memperbaiki mood semasa kehamilan, triptofan bisa didapat dari kacang-kacangan dan biji-bijian, atau dari daging kalkun dan ayam, ikan, telur, keju dan yoghurt.

Cara mengatasi stress pada ibu hamil yang terakhir adalah jangan lupa untuk menjaga tubuh dari dehidrasi dengan meminum air putih atau jus buah setidaknya enam gelas (atau sekitar 1,5 liter) per hari.

0 Response to "Bahaya Dan Cara Mengatasi Stress Pada Ibu Hamil"

Poskan Komentar