Bolehkah Ibu Hamil Minum Paracetamol ?

Advertisement
Wanita hamil layaknya seperti orang biasanya yang juga akan terserang beberapa penyakit yang umum menyerang semisal demam dan sakit kepala, dan masyarakat sudah sangat tergantung dengan obat paracetamol untuk mengatasi demam dan sakit kepala, namun bolehkah ibu hamil minum paracetamol ?

Benar adanya jika obat penghilang rasa sakit yang paling disukai oleh ibu hamil adalah parasetamol yang tergolong aman untuk dikonsumsi selama kehamilan, akan tetapi sebelum bumil meminum paracetamol sebaiknya konsultasi ke bidan atau dokter untuk mendapatkan resep medis yang lebih akurat.



Amankah Ibu Hamil Minum Parasetamol ?

Parasetamol dikenal sebagai pilihan obat yang tepat dan lebih disukai untuk mengobati nyeri ringan hingga sedang dan sebagai penurun suhu badan yang tinggi (demam), namun ada pertanyaan dalam benak boleh tidak wanita hamil konsumsi paracetamol selama kehamilan ?

Jawabannya : Apabila Anda tidak mempunyai riwayat medis semisal alergi terhadap obat paracetamol maka Anda boleh menggunakan selama tahap trimester 1 – trimester 3 dengan dosis tertentu dari dokter untuk mengurangi suhu tinggi atau untuk mengatasi rasa sakit. Hal itu karena sampai sekarang tidak ada fakta konkrit tentang efek negatif atau bahaya paracetamol bagi ibu hamil dan bayi di kandungan.

Sekali lagi bolehkah ibu hamil minum paracetamol ? jawabannya boleh, akan tetapi sama dengan obat lainnya yang diminum selama kehamilan ada syarat harus minum parasetamol pada dosis terendah dalam jangka waktu yang singkat. Apabila dosis paracetamol yang sudah diminum tidak memberikan kesembuhan maka datang ke bidan atau dokter kandungan adalah tips yang baik.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Paracetamol Dengan Kafein ?

Pil obat parasetamol ada yang telah dicampur dengan kafein, maka ibu hamil tidak boleh minum paracetamol jenis ini. Karena kadar kafein tinggi yang masuk dalam tubuh ibu mengandung bisa mengakibatkan berat badan bayi lahir rendah, bahkan ada risiko kesehatan lainnya akibat zat kafein terlalu banyak semisal dalam kasus kecil menjadi penyebab keguguran.

Namun bukan berarti bumil tidak bisa minum kafein sama sekali, karena ibu hamil bisa meminum kafein kurang dari 200 miligram setiap harinya. Nah Anda bisa melihat berapakah kandungan kafein dalam obat paracetamol itu, apakah kurang atau lebih dari 200 mg ?

Dianjurkan Bumil Tidak Mengkonsumsi Obat-Obatan Selama Kehamilan

Pemikiran yang ideal sebenarnya wanita hamil lebih baik tidak meminum obat-obatan kimia selama mengandung, lebih khususnya pada tiga bulan pertama / trimester 1 kehamilan. Apabila Anda terserang penyakit ringan semisal pilek, sakit ringan dan nyeri bisa mengerjakan beberapa tips sehat ibu hamil semisal istirahat yang cukup, tidak stres, konsumsi makanan lebih bergizi, obat herbal yang aman bagi kandungan dan lainnya.

Oke bunda itulah jawaban pertanyaan bolehkah ibu hamil minum obat paracetamol ? Yang kami harap menjadi pengetahuan berharga dalam menjaga calon buah hati moms, jika Anda harus meminum paracetamol maka harus menggunakan dosis efektif terendah untuk pemakaian yang pendek.

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Minum Paracetamol ?"

Poskan Komentar