Cara Mengobati Keputihan Pada Ibu Hamil Muda Dan Tua

Advertisement
Ibu mengandung sering bertanya mengapa saya mendapati begitu banyak keputihan? Maka jangan khawatir dahulu karena hal ini berlaku umum pada masa trimester awal kehamilan sampai dengan trimester ketiga (masa hamil muda dan hamil tua). Dan pada umumnya keputihan pada wanita hamil itu tidak berbahaya, dan kami akan berikan cara mengobati keputihan pada ibu hamil yang aman dan alami.

Keputihan yang normal disebut dalam medis sebagai keputihan. Anda bisa menemukan seperti cairan susu yang tidak terlalu kental (lengket) atau berbau sedikit tidak enak. Carian keputihan ini berasal dari leher rahim bunda. Moms pada umumnya akan mendapati keputihan lebih banyak pada saat hamil.

Cara Mengobati Keputihan Pada Ibu Hamil

Debit keputihan ini cenderung meningkat ketika menjelang masa hamil tua, dan hal ini akan terasa menyusahkan bunda. Pada tahap ini juga moms akan melihat ada sedikit darah, atau berupa lendir dengan bercak-bercak darah. Hal ini karena pada masa menjelang kelahiran kondisi leher rahim mengalami perubahan yakni mengendur. Nah sebelum membahas cara mengatasi keputihan saat hamil muda atau hamil tua pahami dahulu informasi berikut ?

Apakah saya harus khawatir dengan debit keputihan yang meningkat ?
Kami jelaskan tadi bahwa keputihan pada ibu hamil itu sering kali terjadi peningkatan debit, dan dianggap sebagai keadaan yang normal. Anda mungkin risih dengan bau keputihan yang sedikit menyengat di hidung, maka cara mengatasi adalah dengan lebih menganti celana dalam dan diberikan wewangian. Dan ingat pada kondisi keputihan normal ini, ibu hamil tidak perlu melakukan khawatir yang berlebihan.

Kami share berikut cara mengatasi keputihan pada ibu hamil :
1. Selalu menjaga area genital bagian luar bunda supaya tetap bersih dan kering.

2. Sebaiknya selalu menggunakan sabun pada saat buang air kecil dan berikan wewangian pada celana dalam yang akan dipakai.

3. Bunda tidak disarankan menggunakan tisu wangi atau produk deodoran daerah khusus wanita yang berbahan kimia.
4. Jangan membilas area dalam genital Anda dengan sabun yang terlalu banyak karena akan menimbulkan iritasi kulit dan juga akan mengganggu keseimbangan bakteri alami. Meskipun keputihan itu sangat mengganggu akan tetapi kondisi asamnya akan mempertahankan bakteri baik dan antibiotik alami untuk menyingkirkan bakteri berbahaya.

Kondisi Bahaya Keputihan Pada Ibu Hamil
Apabila keputihan bumil mengalami perubahan debit disertai dengan perubahan warna dan bau maka sebaiknya anda menerapkan cara mengobati keputihan pada ibu hamil, di antara ciri-ciri keputihan yang berbahaya adalah :

1. berbau sangat menyengat, tidak enak, dan mencurigakan

2. berwarna putih atau abu-abu dan juga berair

3. berwarna kuning atau hijau yang berbusa

4. berbentuk carian yang tebal

Bunda perlu konsultasi dengan dokter kandungan apabila merasakan sakit saat saat pipis dan merasakan gatal.

Cara Mengobati Keputihan Pada Ibu Hamil Dengan Kondisi Bahaya
Oke bumil berikut tips menghilangkan keputihan ibu hamil dengan kondisi bahaya di atas dengan tujuan mencegah infeksi pada organ genital yaitu :

1. Tidak memakai deodoran dan produk cuci organ genital yang pada umumnya menimbulkan iritasi.

2. Cara menyembuhkan keputihan ibu hamil yang beresiko selanjutnya cobalah untuk mencuci pakaian dan terutama celana dalam dengan deterjen non-biologis. Berikan bilasan ekstra pada akhir mencuci pada produk deterjen yang bisa membuat iritasi pada kulit.

3. Tidak disarankan memakai sabun wangi atau cairan antiseptik ketika berada di kamar mandi.

4. Selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci bersih sebelum dan setelah menyentuh alat genital.

5. Lakukan bilasan dari depan ke belakang apabila buang air.

6. Disarankan supaya memakai celana dalam dan celana yang longgar dan berbahan katun, atau lebih aman menggunakan rok saat di rumah.

Oke bunda itulah cara mengobati keputihan pada ibu hamil yang alami dan aman bagi kesehatan Anda.

0 Response to "Cara Mengobati Keputihan Pada Ibu Hamil Muda Dan Tua"

Poskan Komentar