Cara Pemakanan Ibu Hamil Kencing Manis Gestasional

Advertisement
Tidak sedikit ibu mengandung mengalami diabetes gestasional maka dokter kandungan menyarankan mereka untuk memperhatikan cara pemakanan ibu hamil kencing manis selama kehamilan supaya tidak ada resiko bahaya untuk kesehatan bunda dan janin.

Pola makan yang baik merupakan tips mudah untuk mendapatkan kondisi tubuh tetap sehat selama mengandung. Akan tetapi bila moms mempunyai diabetes gestasional, maka memilih menu makan menjadi hal yang urgen untuk diperhatikan. Selain menjaga cara makan ibu hamil kencing manis gestasional, disarankan bunda mengerjakan olahraga secara rutin dengan porsi ringan semisal senam, ringan, jalan kaki dan lainnya. Namun, terkadang dokter kandungan akan memberikan Anda resep obat untuk diminum, tergantung seberapa tinggi kadar gula dalam diri wanita hamil.

Cara Pemakanan Ibu Hamil Kencing Manis


Kita ketahui bahwa gula atau glukosa adalah sumber energi bagi tubuh manusia untuk tetap bergerak aktif, hormon insulin mempunyai tugas penting dalam kontrol jumlah gula dalam darah sekaligus merubahnya menjadi energi. Akan tetapi pada ibu mengandung, hormon kehamilan menurunkan peran insulin yang menyebabkan kadar gula menumpuk dalam darah bunda.

Ibu hamil dengan diabetes gestasional mempunyai insulin yang sangat minim sehingga kadar gula darah meningkat drastis yang memberikan bahaya atau dampak negatif pada bayi atau janin dalam rahim moms.

Cara Makan Ibu Mengandung Kencing Manis

Sebagian besar orang beranggapan bahwa karbohidrat kompleks ialah karbohidrat baik sedagkan karbohidrat sederhana adalah karbohidrat buruk, ternyata penjelasan ini tidak sepenuhnya benar.


Karbohidrat sederhana pada umumnya adalah gula pasir (asli) dan madu, serta gula alami yang didapat dari beberapa jenis buah dan minuman susu. Bagi ibu hamil kencing manis makan beberapa jenis buah dan minum beberapa produk susu ialah konsumsi yang sehat dan dianjurkan. Sehingga apabila orang mengatakan gula sederhana adalah karbohidrat buruk, mereka berbicara mengenai konteks gula yang ditambahkan.

Bagi ibu hamil dengan diabetes gestasional dilarang untuk makan makanan dan minum minuman dengan gula yang ditambahkan dengan kadar tinggi, karena ia akan memberikan dampak negatif pada kontrol glukosa dalam darah bunda.

Gantilah makanan utama (beras, roti dan kentang) dengan varietas gandum yang baik, selain itu gandum mempunyai serat tambahan yang memperlancar sistem pencernaan wanita hamil.

cara pemakanan ibu mengandung kencing manis gestasional selanjutnya ialah memilih jenis makanan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi dan lemak jenuh yang rendah. Disarankan moms makan buah-buahan lebih banyak (semisal apel, kiwi, jeruk dan lainnya), susu dan yoghurt. Tubuh ibu hamil dapat menyerap gula sederhana yang terdapat pada jus buah atau produk susu lebih lambat karena gula bercampur dengan unsur-unsur makanan lainnya semisal protein dan serat.

Jika ibu hamil kencing manis dengan kondisi kelebihan berat badan pra kehamilan, maka dokter kandungan akan menganjurkan supaya moms memonitor asupan kalori dalam sehari, dan juga disarankan untuk beolahraga ringan setidaknya 30 menit dalam sehari.

Cara Pemakanan Ibu Hamil Kencing Manis berikutnya ialah memilih makanan dengan Indeks glikemik (GI) yang rendah, Indeks glikemik makanan ialah ukuran yang menjelaskan seberapa cepat gula (glukosa) yang dilepaskan ke dalam aliran darah bunda sesusah mengkonsumsi makan tersebut. Makanan GI rendah dan kaya serat adalah pola diet yang sehat bagi ibu hamil diabetes.

Kami share beberapa makanan dengan GI rendah sebagai bagian dari cara pemakanan ibu hamil kencing manis yaitu :

1. Gandum,

2. Buah-buahan : apel, pir, persik dan jeruk

3. Kacang-kacangan

4. Bubur

5. Jagung Manis

Beberapa contoh makanan dengan GI tinggi yang ditekankan supaya ibu hamil kencing manis menghindarinya :

1. Nasi putih

2. Kentang panggang

3. Roti

Oke bunda itulah cara pemakanan ibu hamil kencing manis yang dapat kami berikan pada sesi ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Pemakanan Ibu Hamil Kencing Manis Gestasional "

Poskan Komentar