Cara Tidur Nyenyak Untuk Ibu Hamil Yang Nyaman

Advertisement
Apakah bunda sedang mengandung ? Jika ya, maka Anda sebagai ibu hamil tentu sering merasakan beberapa jenis gangguan tidur pada masa kehamilan yaitu rasa mual, perut mulas, kaki kram dan bahkan sampai mendengkur. Apabila Anda mempunyai kebiasaan tidur yang buruk pra kehamilan maka saat ini masalah ini menjadi lebih parah, benar bukan ?

Tips Ibu Hamil Tidur Yang Nyenyak

Cara tidur nyenyak untuk ibu hamil yang nyaman dan mudah akan menjadi solusi untuk mendapatkan kesehatan ibu hamil, di antaranya yaitu :

1. Tidak Mengkonsumsi Kopi

Ingat bahwa kopi itu mengandung kafein dalam jumlah tinggi yang apabila diminum pada sore atau malam hari akan berdampak negatif pada tidur wanita hamil, kafein akan membuat mata terjaga lebih lama daripada keadaan normalnya yang tentunya memberikan tidur yang tidak nyenyak.

Cara Tidur Nyenyak Untuk Ibu Hamil


2. Tidak Mengkonsumsi Minuman Teh, Soda, Dan Yang Mengandung Coklat

Tips agar tidur nyenyak untuk ibu hamil kedua ialah bumil harus menghindari meminum minuman dengan campuran teh, soda dan coklat karena memberikan efek yang sama seperti kafein, yang bakal membuat mata sulit terpejam di malam hari.

3. Minum cairan yang cukup di pagi hari dan sedikit di malam hari.

Pola minum cairan (air putih atau jus buah) yang lebih banyak di pagi hari dan dikurangi di malam hari akan membuat Anda tidak sering mondar-mandir ke kamar mandi pada malam sehingga tidur lebih lama dan pulas.

4. Jangan Makanan Asam Dan Pedas Sebelum Tidur

Makanan asam seperti buah-buahan yang kecut dan makan pedas dengan campuran cabai akan memberikan kemungkinan bunda merasakan mulas dan bahkan diare pada malam hari yang pastinya akan membuat Anda lebih sudah tidur.

Apabila wanita hamil mengalami heartburn maka makan makanan ringan sebelum tidur dan usahakan untuk tetap terjaga paling tidak 2 hingga 3 jam untuk memberikan waktu sistem pencernaan mencerna makanan Anda sebelum Anda berangkat ke tempat tidur.

Beberapa ibu hamil dengan masalah morning sickness dapat menerapkan cara tidur yang nyenyak untuk ibu hamil  yakni dengan mengkonsumsi makanan ringan yang sehat sebelum tidur supaya pada saat bangun tubuh lebih segar. Ibu mengandung jika sering merasakan mual maka membiarkan perut kosong sebelum tidur adalah lebih baik, dan cobalah untuk makan makanan ringan semisal kerupuk buah sebelum tidur.

5. Sedikit Bersantai Pada Siang Hari

Tidur yang nyaman untuk ibu hamil selanjutnya disarankan untuk tidur siang paling tidak setengah sampai 1 jam supaya keadaan badan tidak terlalu lelah sehingga pada malam hari dapat tidur dengan pulas, apabila bumil terlalu lelah di siang hari maka kemungkinan mereka akan tidur lebih lama pada sore hari sehingga tidur malam tidak nyenyak.

6. Posisi Tidur Miring Ke Sisi Kiri

Sebaiknya bunda melatih diri untuk Posisi Tidur Miring Ke Sisi Kiri semenjak awal kehamilan atau trimester 1 dan 2, dokter kandungan menyebutkan posisi tidur miring ke kiri dapat membantu aliran darah dan nutrisi menuju janin dan rahim bunda. Posisi tidur ke kiri ini juga dapat mempermudah pembuangan limbah dan cairan.

Oke moms, itulah informasi cara tidur nyenyak untuk ibu hamil yang nyaman dan mudah untuk dipahami dan dipraktekkan semula dari sekarang untuk kesehatan kandungan yang lebih baik.

0 Response to "Cara Tidur Nyenyak Untuk Ibu Hamil Yang Nyaman"

Poskan Komentar