Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Kembar

Advertisement
Posisi tidur yang baik bagi ibu hamil kembar akan membantu bunda mendapatkan kenyamanan dan kesehatan selama kehamilan yang jarang dialami oleh wanita ini, karena sekitar 1 dari 250 ibu mengandung memperoleh bayi lebih dari satu dalam perutnya. Oleh karena itu rasa syukur dengan kehamilan kembar ini harus juga diwujudkan dengan perawatan dan penjagaan yang lebih baik.

Perlu bunda ketahui sebenarnya setiap wanita hamil itu bisa mencari posisi yang terbaik bagi dirinya sehingga dapat tidur dengan nyenyak dan pulas, terlebih hamil kembar itu mempunyai perut buncit yang lebih besar dibandingkan ibu hamil pada umumnya karena isinya bisa saja lebih dari 2.

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Kembar

Wanita hamil kembar memang selalu mengungkapkan nikmat ini dengan cara posisi tidur yang baik untuk ibu hamil kembar dikarenakan berat janin dalam rahim itu 2 kali lebih besar daripada bumil pada umumnya.

Berat tubuh yang semakin tinggi juga akan membuat posisi tidur menentukan bagaimakah kesehatan mereka ke depan.

Beberapa Posisi tidur yang baik bagi ibu hamil kembar dengan keadaan lebih nyaman dan aman yaitu :

1. Posisi Tidur Ibu Hamil Kembar Trimester Pertama Kehamilan

Pada saat Anda mengetahui mendapatkan kehamilan kembar maka pada masa trimester pertama (1, 2 dan 3 bulan) bunda bebas menentukan posisi tidur yang memberikan rasa nyaman bagi istirahat Anda, semisal posisi tidur terlentang dan miring pun aman dilakukan, bahkan posisi tidur tengkurap bisa dikerjakan karena perut belum membuncit, namun banyak bumil yang tidak nyaman dengan posisi tidur tengkurap ini.

2. Posisi Tidur Ibu Hamil Kembar Trimester Kedua Kehamilan

Kami sarankan supaya bunda tidak mengambil posisi tidur terlentang untuk ibu hamil kembar trimester kedua kehamilan karena pada usia 4 bulan atau 16 pekan maka posisi bakal menekan rahim lebih ke arah belakang sehingga bisa menjadi pemicu beberapa masalah semisal : masalah pencernaan, masalah pinggang, penyakit wasir dan bahkan akan menjadi penggagu sirkulasi darah dengan akibat kenaikan dan penurunan tekanan darah secara drastis.

Dianjurkan wanita hamil supaya mengerjakan posisi tidur miring ke kiri karena menurut dokter kandungan bahwa posisi inilah yang aman sekaligus aman untuk ibu hamil kembar. Kenapa ? karena posisi tidur miring membiarkan organ sekitar rahim bunda bebas atau tidak ada tekanan sehingga peredaran darah lebih lancar yang berdampak positif pada aliran nutrisi kepada janin via plasenta,dan juga akan membuat kinerja ginjal melakukan pembuangan sisa metabolisme dan cairan lebih lancar sehingga terhindar dari masalah tangan bengkak dan kaki bengkak.

3. Posisi Tidur Ibu Hamil Kembar 8 Bulan Atau Trimester Ketiga

Posisi tidur wanita hamil 8 bulan itu sama dengan di atas (trimester kedua) yakni posisi miring. Bunda juga bisa melakukan tidur dengan bersandar jikalau merasakan tidak nyaman dengan posisi tidur yang terlalu lama. Bunda bisa lebih enak lagi dengan bantal yang diletakkan di punggung atau pinggang sehingga lebih tinggi, berikan juga diletakkan bantal di bawah lutut.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil kembar adalah posisi tidur miring ke kiri, tetapi apabila tidur miring ke kiri ibu hamil kembar masih belum nyaman, maka tidur dengan posisi bersandar dapat dilakukan.

0 Response to "Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Kembar"

Poskan Komentar