Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Ibu Hamil

Advertisement
Cara mengatasi demam tinggi pada ibu hamil yang diterapkan dengan benar akan memberikan solusi bagi bunda untuk sehat kembali. Seperti yang diketahui bahwa demam pada umumnya adalah tanda dari infeksi dan merupakan gejala dari beberapa penyakit lainnya.

Rata-rata suhu tubuh manusia pada umumnya sekitar 36,5 - 37,5 °Celcius, akan tetapi apabila suhu tubuh buda sudah melebih dari 38,333 ° C, maka kondisi ini disebut sebagai demam. Demam yang dialami ibu mengandung selama kehamilan bisa disertai beberapa gejala lainnya yaitu sakit kepala, dehidrasi, tubuh menggigil, berkeringat, sakit otot dan lelah.

Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Ibu Hamil

Perlu diketahu bahwa wanita hamil yang mengalami demam selama kehamilan namun tidak sampai memberikan pengaruh atau dampak negatif pada bayi dalam rahim, sehingga ketika moms mendapati deman dalam kondisi wajar maka tidak perlu khawatir tentang hal-hal yang menakutkan.

Ingat bahwa ketika ibu hamil maka sistem kekebalan tubuh mempunyai tugas ganda yakni menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi Anda dari penyakit. Namun jangan terlalu merasa aman dahulu, karena pada deman kondisi tertentu bisa berakibat serius, semisal demam dengan suhu tubuh lebih dari 40°C atau disebut sebagai Hipertermi.

Penyebab Demam selama Kehamilan

Beberapa penyebab demam pada ibu hamil pada kehamilan yaitu :

1. Demam Umum

Pilek yang diderita ibu hamil merupakan akibat dari infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas yang bakal menyebar ke organ sinus, faring, saluran hidung hingga laring. Gejala flu pada umumnya akan reda sekitar 3-14 hari dan apabila bunda masih merasa demam setelah 15 hari maka segera hubungi dokter dan bidan karena bisa menimbulkan risiko kesehatan untuk diri dan buah hati.

2. Infeksi Saluran Kemih

Banyak wanita hamil yang terserang infeksi saluran kemih pada kehamilan mereka. Sistem saluran kemih itu adalah organ uretra, ureter, kandung kemih hingga ginjal. infeksi saluran kemih bisa mengakibatkan demam dan nyeri panggul. Penyakit ini tidak boleh dibiarkan berkepanjangan karena bisa menimbulkan bahaya infeksi ginjal, sampai pada bahaya berat lahir bayi yang rendah dan bayi prematur.

3. Terserang Beberapa Virus

Beberapa serangan virus pada tubuh ibu hamil dapat menyebabkan demam yaitu virus gastrointestinal, virus influenza, parvovirus B19 dan lainnya

4. Korioamnionitis

Korioamnionitis merupakan komplikasi umum dari kehamilan yang berbahaya bagi ibu hamil. Korioamnionitis atau disebut sebagai infeksi intraamniotik merupakan peradangan akut pada membran dan korion plasenta.

Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Ibu Hamil Yang Efektif



Kami bagi untuk moms beberapa tips mengatasi demam pada ibu hamil yang dapat diterapkan sendiri di rumah ya, di antaranya yaitu :

1. Membuang lendir di hidung dengan meniupnya secara sering dan segera setelah hidup terasa sedikit penuh dengan lendir. Apabila bunda meniup hidung maka kuman akan terbawa keluar berserta dengan lendirnya.

2. Membilas lubang hidung dengan air garam yang hangat, cara menurunkan demam ibu hamil ini sangat efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Apabila virus dan bakteri sudah keluar dari hidung maka proses penyembuhan demam dapat berlangsung dengan cepat.

3. Kompres kelapa dengan air dingin supaya suhu tubuh dengan terlalu panas dan banyak beristirahat supaya nutrisi dari asupan makanan dapat digunakan tubuh untuk memerangi penyebab demam.

4. Cara mengobati demam untuk ibu hamil selanjutnya ialah dengan sering berkumur, tips ini akan melembabkan tenggorokan dan memberikan bantuan sementara dalam menurunkan panas. Berkumurlah dengan ½ sendok garam dan 500 ml air hangat.

5. Bunda cobalah minum minuman panas semisal jahe dan teh herbal dalam keadaan hangat, cara alami menurunkan demam pada ibu hamil dengan minum minuman panas dapat menenangkan membran meradang lapisan hidung dan sekaligus mengurangi gejalan hidung tersumbat dan tubuh wanita hamil dari dehidrasi.

6. Bunda gunakan salep mentol untuk dioleskan pada hidung dan dada supaya saluran hidung tersumbat menjadi terbukan dan sekaligus dapat menyembuhkan kulit mengalami ritasi sekitar hidung. Bunda bisa memakai mentol, kamper dan kayu putih.

7. Cobalah bunda menerapkan posisi tidur dengan menambahkan bantal tambahan supaya kepala terangkat ke atas sehingga meringankan saluran hidung yang sedang tersumbat.

Itulah cara mengatasi demam tinggi pada ibu hamil yang dapat dilakukan mandiri, kami sarankan untuk menghindari pengobatan diri apabila demam sudah berkepanjangan dan suhu tubuh melebihi 40 °C. Jangan sembarangan menggunakan obat antibiotik secara acak karena bisa membahayakan bayi dan dampak lainnya ialah menghambat pertumbuhannya.

0 Response to "Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Ibu Hamil"

Poskan Komentar