Diet Ibu Hamil Yang Menderita Obesitas

Advertisement
Diet ibu hamil yang menderita obesitas penting untuk diketahui oleh bunda supaya mendapatkan kesehatan dan keselamatan selama masa kehamilan. Dokter kandungan menjelaskan bahwa obesitas itu merupakan kondisi kelebihan berat badan yang mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan semisal memicu penyakit diabetes tipe 2.

Kaitan Obesitas Dan Diabetes Pada Ibu Hamil

Masyarakat di dunia mengalami epidemi obesitas dan tidak terkecuali di Indonesia, ada kaitannya jika perempuan mengalami diabetes tipe 2 sebelum kehamilan maka kelebihan berat badan sewaktu menjadi ibu hamil akan meningkat.

Diet Ibu Hamil Yang Menderita Obesitas


Setidaknya ada sepertiga dari wanita hamil dengan kondisi pra-diabetes tipe 2, sedangkan hampir 90 % wanita hamil dengan diabetes pada masa kehamilan merupakan diabetes gestasional. Ibu hamil dengan diabetes gestasional akan mempunyai risiko 30% akan mempunyai diabetes tipe 2 pada masa setelah kelahiran bayi sampai dengan sepanjang hidup mereka, padahal diabetes tipe 2 itu mempunyai resiko 10% terharap populasi masyarakat.

Cara Diet Ibu Hamil Yang Menderita Obesitas



Jika ibu hamil mengalami kelebihan berat sangat disarankan untuk menjalani cara diet ibu hamil yang obesitas dengan beberapa panduan sebagai berikut :

1. Prinsip diet ibu hamil dengan obesitas yang harus dipegang adalah mengatur jumlah kalori yang masuk dalam tubuh melalui makanan yang dikonsumsi. Selalu menyiapkan menu makanan sehat dengan diet seimbang. Diet rendah gula dengan mengurangi kalori secara efektif dapat mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan pada masa kehamilan.

2. Ibu hamil sangat disarankan untuk menghindari makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi, hindari juga makanan ringan yang bergula seperti permen, kue, cokelat, biskuit dan lainnya.

3. Jangan lupa untuk selalu sarapan dengan makanan dengan nutrisi yang cukup, dengan cara ini maka bumil bisa menghindari keinginan makan lebih besar pada siang sampai malam hari. Wanita hamil yang tidak sarapan bisa menyebabkan sakit perut, mual, kepala pening dan sebagainya.

4. Menu diet ibu hamil obesitas adalah makanan berserat dan rendah kandungan lemak serta gula. Ingat ! Bahwa wanita hamil yang suka mengkonsumsi gula berlebihan akan cepat merasakan lapar. Cobahlah untuk membeli buah segar seperti apel, jeruk, kurma dan lainnya. 

Kemudian masak sayuran hijau semisal bayam, selada, brokoli, wortel, dan labu sebagai tambahan makanan utama. Untuk lauk-pauk, maka moms disarankan untuk mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak, ikan dan unggas. Anda bisa mengganti nasi dengan jagung, oats dan gandum.

5. Anda juga dapat memegang prinsip diet pada ibu hamil dengan obesitas yaitu dengan menjadikan buah sebagai camilan pada waktu senggang semisal nonton televisi, baca majalah dan lainnya. Bisa juga Anda mengkonsumsi ubi-ubian rebus untuk camilan sehat.

6. Ibu hamil yang menderita obesitas disarankan untuk memperbanyak minum air putih setidaknya 2 liter per hari, atau 8 gelas.

7. Jangan mempunyai persepsi bahwa ibu hamil harus makan 2 kali lipat dari orang pada umumnya karena ada bayi dalam rahimnya, apabila ada orang yang menyarankan supaya Anda menambah makanan semisal mertua, maka katakan dengan sopan bahwa Anda telah merasa kekenyang.

Oke bunda ! Sekian diet ibu hamil yang menderita obesitas yang dapat dipahamil dan dilaksanakan apabila Anda menemukan tips yang baik dari penjelasa kami. Selamat sehat ya !

0 Response to "Diet Ibu Hamil Yang Menderita Obesitas "

Poskan Komentar