Apa efek mandi malam bagi ibu hamil ?

Advertisement
Tahukah Anda efek mandi malam bagi ibu hamil ? Ternyata efeknya lebih banyak dampak positif daripada dampak negatif, asalkan mengikuti beberapa tips mandi bagi wanita hamil yang akan kami jelaskan panjang lebar.

Benar adanya jika ibu hamil sering mengalami gerah dan panas terutama pada saat trimester kedua dan trimester ketiga, sehingga banyak moms yang mandi di malam hari. kenapa moms sering mengalami gerah ? Jawabannya adalah disebabkan oleh aliran darah yang mengalir lebih cepat pada lapisan kulit sehingga memicu dampak kelenjar keringat berproduksi lebih banyak, kemudian ada penyebab berupa hormon progesteron dengan sifat thermogenik, dan juga bunda sekarang lebih besar dan berat tubuh. 

efek mandi malam bagi ibu hamil


Namun ada mitos atau kabar di masyarakat bahwa mandi di malam hari untuk ibu mengandung itu berdampak negatif atau efek buruknya banyak ? Kemudian pertanyaan yang harus dijawab apakah ibu hamil tidak boleh mandi malam ?

Bolehkah Tidak Ibu Hamil Mandi Malam ?
Dr. Ralph Situmorang Sp.OG yang bekerja pada RS Advent kota Medan menguraikan bahwasannya ibu hamil boleh mandi malam karena tidak menimbulkan efek negatif untuk diri bunda dan janin dalam rahim. Mitos mandi malam akan mengakibatkan asam urat, reumatik, masuk angin, hingga pengaruh gangguan metabolisme tubuh hingga penuaan dini merupakan berita bohong yang sampai sekarag tidak terbukti secara ilmiah.

Bahkan, ibu hamil yang mandi di malam hari bakal mendapatkan efek positif atau manfaat yang banyak. Pertama, jelas bahwa mandi malam akan menghilangkan kegerahan dan kepanasan, dan manfaat lainnya yakni;

1. Mengobatai Hipertensi

Hipertensi pada masa kehamilan bisa diatasi dengan mandi air hangat baik pagi, siang dan sore, hal ini merupakan terapi yang diterapkan oleh para ahli kesehatan. Mandi air hangat dengan suhu air bekisar 37°C yang akan mengguyir kulit bisa memberikan stimulasi kepada otak dengan efek kinerja jantung lebih lambat.

2. Rileks Dan Menghitangkan Pegal-Pegal

Tekanan dan pekerjaan yang dikerjakan wanita hamil akan memberikan beban pada tubuh terupada pada area sekitar perut. Mandi dengan air hangat pada malam hari akan membuat rileks otot tangan, kaki dan pinggang.

3. Membuat Tidur Malam Menjadi Nyenyak

Ibu hamil yang mengalami kesusahan tidur pada malam hari bisa mandi air hangat pada malam hari yang akan memberikan efek rileks pada otot dan memicu rasa kantuk pada mata Anda.

Oke bunda itulah jawaban apakah efek mandi malam bagi ibu hamil yang ternyata memberikan banyak manfaat jika menggunakan air hangat bersuhu 37°C, dan kami menghimbau bunda tidak memakai air dingin karena bisa berdampak pada kontraksi diperut disebabkan suhu badan terlalu jauh berbeda dengan suhu air.

0 Response to "Apa efek mandi malam bagi ibu hamil ?"

Poskan Komentar