Cara Mengatasi Ambeien Pada Ibu Hamil

Advertisement
Cara mengatasi ambeien pada ibu hamil perlu dipraktikkan supaya bumil merasakan kesehatan selama masa kehamilan, seperti kita ketahui bahwa Wasir atau ambien yang diderita ibu hamil mengakibatkan rasa gatal, tidak nyaman dan tidak jarang menyebabkan bunda menangis karena rasa yang sangat menyakitkan. Ambeien merupakan tumpukan daging atau vena karena terjadi membengkak yang besarnya bisa seperti biji kacang, buah anggur atau bahkan sampai kelereng kalau sudah parah.

Meskipun ambeien itu tidak berbahaya akan tetapi tentu akan membuat tidak nyaman, dan juga wasir itu dialami lebih dari 50 % wanita hamil dan terutama pada kehamilan trimester kedua dan trimester ketiga.

Cara Mengatasi Ambeien Pada Ibu Hamil


Apakah Penyebab Utama Ambeien Pada Ibu Hamil ?

Wasir yang dialami wanita hamil sebagian besar disebabkan oleh rahim yang semakin membesar pada minggu 25 memberikan tekanan pada daerah bawah perut, kemudian ada aliran darah ke daerah panggul yang semakin meningkan sehingga pembuluh darah di dinding rektum menjadi membengkak, dengan akibat terbentuklah tonjolan dan rasa gatal.

Ibu hamil pun akan mengalami sembelit yang bisa semakin memperburuk dan menjadi penyebab ambien. Pada saat moms sulit buang air besar, maka Anda akan mengeluarkan tenaga ekstra dalam mengeluarkannya, sehingga terjadi peningkatan tekanan pembuluh darah pada daerah dubur yang berakibat pembengkakan dan tonjolan.

Namun jangan khawatir ya bumil karena bunda bisa melakukan tips mengobati ambeien pada ibu hamil, dan wasir terkadang hilang dengan sendirinya setelah proses persalinan.

CARA MENGATASI AMBEIEN PADA IBU HAMIL DENGAN ALAMI DAN AMAN



1. Cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil yang terbaik ialah dengan memperbanyak minum air (air putih, jus buah dan lainnya) dan juga Anda tambahkan makanan dengan asupan serat tinggi untuk menghindari sembelit.

2. Bunda mengerjakan tips atasi wasir dengan latihan kegel bagi wanita hamil, latihan kegel selain baik untuk persiapan momen persalinan, dan ternyata latihan kagel dapat menjadi cara mencegah wasir karena terjadi sirkulasi darah yang lancar pada daerah bawah perut.

3. Tidur di sisi Anda. Dan tidak Anda kembali (yang Anda tidak harus melakukan pula setelah trimester pertama Anda) - ini mengurangi tekanan pada daerah yang terkena. Anda juga dapat mencoba berbaring di sisi kiri Anda beberapa kali sehari untuk meringankan tekanan pada pembuluh darah dubur Anda.

4. Bumil disarankan untuk terus bergerak dengan gerakan yang santai, bunda jangan terlalu lama duduk atau berdiri. Lebih baik Anda berjalan santai 5 menit sebagai sela ketika bekerja dalam keadaan duduk supaya terjadi sirkulasi darah yang lancar.

5. Cobalah untuk santai ketika buang air besar di toilet, dan jangan tegang atau berlama-lama di toilet.

6. Cara mengobati ambeien untuk ibu hamil bisa dengan mandi air hangat dalam rentangan 10 hingga 15 menit dengan berendam di bak mandi.

7. Ibu hamil duduk dengan bantal yang menunjang atau seperti donat supaya duduk terasa nyaman dan tekanan dapat dikurangi.

8. Apabila ambeien ibu hamil tidak kunjung sembuh maka konsultasikan dengan dokter, kemungkinan dokter memberi resep pelunak feses atau krim topikal untuk mengurasi rasa gatal dan nyeri.

Itulah cara mengatasi ambeien pada ibu hamil yang bisa dijadikan panduang kesehatan, apabila moms mendapati perdarahan dari anus maka segera datang ke dokter untuk menghindari resiko bahaya.

0 Response to "Cara Mengatasi Ambeien Pada Ibu Hamil"

Poskan Komentar