Ikan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Advertisement
Tahukah moms tentang ikan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil ? Bila tidak paham maka simak baik-baik penjelasan kami mengenai berbagai ikan yang berbahaya bagi wanita mengandung kali ini. Sebenarnya mayoritas ikan itu baik untuk kesehatan ibu hamil, akan tetapi ada beberapa ikan yang mengandung racun yang berdampak negatif.

Di sisi lain ibu yang hamil membutuhkan asupan gizi yang terbaik untuk perkembangan bayi dalam kandungan supaya menjadi anak yang sehat dan cerdas, dan makanan dari jenis ikan diketahui sebagai sumber nutrisi yang tinggi untuk protein untuk perkembangan jaringan tubuh bayi , asam lemak omega 3 sebagai pencerdas otak janin, dan kandungan nutrisi lainnya pada ikan.



Sebenarnya protein dan asam lemak omega 3 itu ada pada daging dan telur, akan tetapi moms tentu tahu bahwa perempuan hamil perlu ada variasi menu makan supaya berselera melahap makanan, tidak malas makan dan lainnya.

Jenis Ikan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Beberapa ikan yang ada di sungai dan laut bisa jadi berbahaya dan memberikan efek buruk bagi kesehatan ibu hamil yakni ikan yang mengandung racun yang terkategori menjadi 2 yaitu :

1. Ikan beracun yang berarti racun dalam tubuh ikan itu bisa alam berasal dari tubuhnya semisal ikan kembung.

2. Ikan dengan racun yang berasal dari luar tubuh ikan yang masuk ke dalam tubuhnya semisal ikan yang mengandung merkuri semisal ikan todak, ikan hiu, ikan marlin dan ikan makarel raja. Ada juga beberapa jenis ikan karang dengan kandungan merkuri tinggi semisal kerapu.

Ikan dengan kandungan merkuri di dalamnya bisa berpotensi memberikan dampak negatif pada tumbuh dan kembang sistem saraf pusat janin dalam kandungan sehingga ketika lahir bayi memiliki resiko kecerdasan yang kurang.

Perlu diketahui merkuri itu kebanyakan berasal dari limbah industri akan tetapi merkuri juga dapat berasal dari ekosistem alam secara alami yang masuk ke dalam tubuh ikan, dan apabila kadar merkuri pada ikan itu tinggi maka bisa menjadi rantai makanan akuatik.

Indonesia ialah termasuk salah satu negara dengan sungai yang penuh dengan limbah industri sehingga polusi air bisa menaikkan kandungan zat merkuri dalam air sungai atau laut. Tetapi jangan khawatir dengan ikan yang ditangkap nelayan di lautan karena perairan laut samudera hindia mempunyai kadar tingkat merkuri rendah.



ikan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil yang terakhir ialah ikan dengan kadar kolesterol yang tinggi yaitu, lobster, kepiting, udang jerbung, rebon, udang windu, lorjuk, cumi-cumi, kerang dan rajungan. Anda bisa mengkonsumsi makanan ini asalkan tidak berlebihan yakni di bawah 100 gram untuk seminggu.

0 Response to "Ikan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil"

Poskan Komentar