Jumlah Kebutuhan Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Advertisement
Tahukah moms berapa jumlah kebutuhan asam folat bagi ibu hamil yang harus dipenuhi dalam setiap harinya ? Jika tidak tahu maka dosis yang dianjurkan dokter kandungan untuk semua wanita hamil ialah sekitar 400 mcg asam folat per harinya.

Dan apabila bunda mengkonsumsi multivitamin asam folat untuk kebutuhan harian, maka periksa apakah sudah sesuai dengan jumlah yang disarankan tadi, yakni 400 mcg asam folat. Namun jika ada alasan tertentu yang membuat bunda tidak ingin meminum multivitamin dari pabrik, maka ibu mengandung bisa mendapatkan asam folat alami dari makanan yang dikonsumsi seperti jenis sayuran dengan daun hijau tua, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan dan daging.

Kebutuhan Asam Folat Bagi Ibu Hamil


Jenis sayuran berdaun hijau tua untuk kebutuhan asam folat bagi ibu hamil yaitu : bayam, kubis, asparagus, seledri, brokoli, selada. Sayuran lain dengan asam folat tinggi yakni bit merah dan jagung.

Jenis buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan asam folat untuk wanita hamil yaitu : jeruk, pisang, persik, tomat, alpukat, melon, stroberi dan pepaya.

Sedangkan makanan berjenis tepung yang tinggi kandungan asam folat yaitu : kacang lenting, kacang polong, produk olahan kedelai , kacang almond, kacang tanah dan kacang kenari. Dan makanan jenis daging yang kaya akan asam folat bagi ibu hamil yakni : daging sapi, ikan salmon, hati ayam dan juga kuning telur.

Kebutuhan Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Kami akan berikan jumlah asam folat untuk ibu mengandung yang dianjurkan oleh ahli kesehatan yaitu :

1. Kebutuhan asam folat bagi perempuan yang ingin hamil: 400 mcg asam folat.

2. Kebutuhan asam folat tiga bulan pertama atau trimester pertama kehamilan: 400 mcg asam folat.

3. Kebutuhan asam folat untu ibu mengandung kehamilan 4-9 bulan atau trimester kedua – trimester ketiga : 600 mcg asam folat.

4. Kebutuhan asam folat bagi ibu menyusui: 500 mcg Asam folat.



Mengapa ibu hamil harus mengkonsumsi asam folat selama mengandung ?

Manfaat asam folat bagi ibu hamil yaitu akan memberikan perlindungan bagi janin dalam rahim sampai masa persalinan dari resiko atau bahaya cacat tabung saraf seperti spina bifida. Selain itu Asam folat mencegah resiko cacat lahir secara fisik semisal bibir sumbing. Asam folat bekerja sama dengan vitamin B12 dalam memproduksi sel-sel darah merah yang sehat.

Sedangkan bahaya kekurangan asam folat bagi ibu hamil yaitu kemungkinan terkena resiko penyakit anemia disebabkan kurangnya zat besi, janin terkena Spina bifida

Spina bifida adalah tidak berkembangnya pelindung yang tumbuh pada area sekitar tulang belakang janin dalam rahim sehingga bagian ini tidak tertutup dengan sempurna atau terdapat celah yang mengakibatkan kerusakan saraf permanen, dan resiko paling bahaya dari spina bifida adalah kelumpuhan.

Itulah bahasan jumlah kebutuhan asam folat bagi ibu hamil yang dapat Anda penuhi dengan meminum suplemen multivitamin atau dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat yang telah kami paparkan di atas tadi, selamat menjalani kehamilan dengan aman dan sehat ya bunda !

0 Response to "Jumlah Kebutuhan Asam Folat Bagi Ibu Hamil"

Poskan Komentar