3 Jenis Sayuran Yang Memperlancar ASI

Advertisement
Masyarakat Indonesia telah mengenal dan mempercayai beberapa jenis sayuran yang memperlancar ASI ibu menyusui. Beberapa sayuran itu terasa gurih dan segar sehingga bunda tidak merasakan ketidaknyamanan saat mengkonsumsinya, malah semakin doyan maka sayuran tersebut. Kami sarankan Anda lebih sering makan makanan-makanan yang kami share kali ini agar ASI ibu menyusui lebih lancar, bergizi dan kaya rasa sehingga bayi lebih doyan meminumnya.

Benar adanya jika ASI dianggap minuman sekaligus makanan yang terbaik buat bayi dan terutama untuk bayi yang baru dilahirkan sampai usia 2 tahun atau penyapihan, maka silahkan ibu memilih sayuran untuk memperbanyak asi yang dianggap paling enak dan favorit untuk menjadi menu masakan setiap hari.

Jenis Sayuran Yang Memperlancar ASI


Beberapa Jenis Sayuran Yang Memperlancar ASI

1. Daun katuk

Tidak dipungkiri ketika ibu menyusui makan masakan daun katuk (paling enak dibuat sayur bening) maka mereka merasakan kandungan ASI pada dadanya semakin melimpah. Hal itu karena daun katuk mempunyai kandungan protein, vitamin A, B1, vitamin C, kalium, fosfor dan zat besi yang kesemuanya ini sangat baik dalam meningkatkan produksi ASI.

Moms juga harus paham daun katuk kaya akan zat bermanfaat semisal alkaloid dan sterol yang dapat memicu produksi air susu ibu lebih banyak lagi. Dan setiap 100 gram daun katuk ternyata terdapat vitamin C sekitar 242 mg. Padahal vitamin C untuk asupan ibu menyusui sekitar 98 mg, namun tidak perlu risau karena kelebihan vitamin C alami itu tidak berbahaya dan juga tidak melebih konsumsi maksimal sehari sebesar 2000 mg.

Hanya dengan makan daun sayuran katuk sebagai sayuran untuk memperbanyak ASI, Anda juga mendapatkan suplemen vitamin C alami yang sehat benar kan ?.

2. Bunga Pepaya

Selain daun dan buah dari pepaya, ternyata bunga pepaya itu sangat bermanfaat bagi kesehatan dan salah satunya termasuk macam sayuran yang memperlancar ASI. Bunga pepaya mengandung vitamin A dan vitamin C dalam jumlah yang tinggi, dan juga bungan pepaya kaya akan zat kalsium dan fosfor.

Daun dan bunga pepaya sebagai sayuran penyubur asi karena juga mengandung enzim papain yang berguna untuk mempercepat proses pencernaan protein sehingga ibu menyusui dalam mencerna makanan yang masuk dalam lambung lebih baik dan optimal menjadi nutrisi yang dibutuhkan untuk memperbanyak air susu ibu.

Enzim papain sangat bermanfaat bagi ibu menyusui karena banyak protein yang masuk dalam sistem cerna Anda setiap hari semisal kedelai, susu, ikan, daging dan lainnya. Dan juga wanita menyusui membutuhkan protein dua kali lebih besar daripada orang umumnya. Lebih asyik lagi, bunga pepaya efektif dalam merangsang nafsu makan moms.

Cara enak untuk mendapatkan manfaat bungan pepaya ialah dengan resem masakan tumisan, atau bisa direbus atau dikukus untuk dimakan dengan sambal trasi dicampur teri.



3. Daun Bayam

Popeye kuat karena bayam, itu bukan sekedar dongeng belaka karena daun bayam mempunyai segudang nutrisi untuk manusia dan terutama bagi bunda yang sedang menyusui. Daun bayam kaya akan kandungan vitamin B6, zat besi za, asam folat, kalsium, protein, thiamin, ribloflavin, vitamin A, C, E, K, magnesium, fosfor dan kalium.

Daun bayam paling enak dikonsumsi sebagai sayuran agar ASI banyak dan lancar dengan cara dimasak resep sayuran bening, direbus untuk dimakan dengan sambal pecel atau dibuat tumisan pedas.

Oke bunda yang sedang menimang bayi mungilnya, silahkan memilih jenis sayuran yang memperlancar ASI yang kami sebutkan di atas.

0 Response to "3 Jenis Sayuran Yang Memperlancar ASI "

Poskan Komentar