7 Cara Mudah Mengatasi Insomnia Pada Ibu Hamil

Advertisement
Salah satu ilmu penting bagi bumil ialah cara mengatasi insomnia pada ibu hamil yang mudah dan alami karena banyak di antaranya mereka mengalami masa-masa sulit dikarenakan sulit memejamkan mata di malam hari, akibatnya mereka menjadi kurang tidur, lemas dan sering tidur di siang hari dengan keadaan yang tidak nyaman karena memang malam hari adalah masa instirahat terbaik bagi manusia.

Sering terjadi obrolan ibu-ibu mengandung yang membahas masalah insomnia dan sebagian kecil dari mereka merasakan tekanan akibat pola tidur yang terganggu ini.

Apakah Penyebab Insomnia Pada Ibu Hamil ?

Tidak sedikit bumil yang merasakan perasaan takut, cemas dan khawatir akan kehamilan yang barus saja mereka alami sehingga Anda perlu mengerjakan cara mengatasi insomnia pada ibu hamil untuk mendapatkan istirahat yang lelap dan merasakan kebugaran di waktu shubuh.


Bahkan penyebab insomia ibu pada ibu hamil itu bisa karena bunda terlalu risau memikirkan kesehatan janin dalam kandunga atau mungkin moms tidak nyaman secara karena perubahan fisik, sakit pada beberapa bagian tubuh (semisal :punggung). Sulit tidur pada ibu hamil masa trimester ketiga bisa disebabkan karena bayi dalam perut sangat aktif di malam hari dengan tubuh yang berputar-putar menendang dan gerakan-gerakan janin lucu lainnya.

Ada juga moms yang hamil terkejut di malam hari karena bermimpi buruk sehingga mereka takut untuk tidur lagi, penyebab insomnia yang umum lainnya ialah Anda harus bangun berkali-kali untuk pergi buang air kecil ke kamar mandi.

Bagaimanakah Cara Mengatasi Insomnia Pada Ibu Hamil Untuk Tidur Malam Lebih Baik ?

Pertama, Ibu hamil harus menenangkan pikiran dan hati supaya tidak mudah khawatir dan panik, dengan keadaan yang tenang maka masalah tidak bisa tidur dapat diatasi. Mempunyai perasaan cemas dan takut juga akan membuat bumil mengalami insomnia, dan ingat bahwa insomnia dengan gejala ringan tidak akan membahayakan buah hati dalam rahim moms.

Kedua, jangan tidur siang terlalu lama, tahukah moms bahwa tidur siang yang panjang dapat menjadi insomnia ? Tidur malam hari akan susah apabila keadaan tubuh dan mata ANda masih segar akibat tidur di siang hari. Apabila bunda sudah punya anak kecil, maka cobalah untuk tidur ketika mereka tidur siang dengan waktu sekitar 30 menit.

Ketiga, Jika Anda adalah bumil yang bekerja di kantor maka Anda harus memanfaatkan jam makan siang supaya dapat makan dan minum yang bergizi, kemudian sering berjalan ke luar ruangan untuk mendapatkan udara segar. Dengan cara ini maka ibu hamil dapat tidur di malam hari dengan baik karena asupan gizi terjaga.



Keempat, untuk mengatasi insomnia ibu hamil karena gejala kehamilan yang membuat Anda terjaga di malam semisal sakit punggung, nyeri panggul, sering buang air kecil dan sembelit maka kami sarankan supaya ibu mengandung konsultasi kepada dokter kandungan dan bidan.

Kelima, beberapa ibu hamil dapat tidur lelap pada malam hari ketika mengerjakan beberapa jenis olahraga ringan setiap hari, meskipun anda merasakan kelelahan namun hal itu baik untuk dapat mengobati insomia. Olahraga ringan itu berjalan-jalan, berenang atau mengikuti kelas senam hamil.

Keenam, cara menghilangkan insomnia pada ibu hamil selanjutnya ialah menjaga pola yang sehat dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin B semisal sayuran hijau gelap, biji-bijian, ikan dan lainnya. Dan jangan lupa untuk makan malam tepat waktu dan jangan terlambat, karena tubuh ibu hamil membutuhkan waktu dalam mencerna makanan sebelum tidur.

Ketujuh, apabila bunda suka minum kopi maka hindari minuman kafein ialah tips mengobati insomnia yang efektif, kafein akan membuat mata moms terbuka lebar di malam hari sehingga sulit tidur.

0 Response to "7 Cara Mudah Mengatasi Insomnia Pada Ibu Hamil"

Poskan Komentar