Bolehkah Ibu Hamil Minum Jamu Beras Kencur ?

Advertisement
Kebiasaan minum jamu memang sangat baik bagi kesehatan dan terutama bagi kaum wanita yang identik sebagai konsumen tetap dari minuman khas nusantara ini, akan tetapi di waktu mengandung maka ada persoalan bolehkah ibu hamil minum jamu beras kencur ? Permasalahan ini muncul karena tidak sedikit orang yang melarang wanita hamil mengkonsumsi jamu selama masa kehamilan, benar apa tidak yach ? yuk kita ulas bareng !

IBU HAMIL APA BOLEH MINUM BERAS KENCUR ?

Menurut dokter kandungan dan ahli kesehatan sebenarnya minum jamu pada saat hamil tidak akan menimbulkan resiko bahaya, disebabkan jamu itu kebanyakan dibuat dari bahan-bahan alami atau herbal yang justru menambah kesehatan. Bahkan bumil minum jamu itu adalah kebiasaan yang baik yang bisa dikerjakan ketika masa kehamilan ataupun pasca persalinan, namun sangat disarankan supaya bunda mengkonsultasikan jenis jamu apakah yang diminum kepada dokter kandungan.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Jamu Beras Kencur ?


Tidak sedikit lho ! wanita hamil terus menjalankan kebiasaan minun jamu beras kencur pada waktu mengandung, namun banyak juga wanita hamil yang menghindari minum jamu karena takut ada reaksi atau dampak negatif.

Oleh karena itu moms harus tahu betul jamu apa yang akan diminum semisal beras kencur yang tergolong aman bagi kandungan dengan porsi yang tidak berlebihan, maka dianjurkan bunda meneliti dari bahan-bahan apakah jamu yang akan diminum itu, apakah tergolong alami atau tidak.

Kita juga mengetahui bahwa jamu sebenarnya obat herbal yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit dibandingkan ketika kita mengkonsumsi obat-obatan kimia, apalagi tidak sedikit bahan-bahan pembuatan obat kimia itu dari barang haram atau najis, sehingga muslim lebih baik mengkonsumsi obat herbal.

Ibu hamil lebih baik membuat jamu beras kencur dengan tangan sendiri, sehingga kemurnian bahan-bahan jamu dapat Anda jaga yaitu akar rimpang kencur, kunyit, jahe, gula aren, gula pasir, daun pandan, garam beryodium, beras, asam jawa dan air matang.

Manfaat dari jamu beras kencur ini telah diketahui dari kebiasaan orang yang sering meminumnya menjadi sehat, sehingga bolehkah ibu hamil minum beras kencur ? Maka jawab singkatnya boleh yach. 



Apabila wanita hamil minum beras kencur dalam kemasan gelas atau botol maka periksa apakah perusahaan produsen jamu ini sudah mendapatkan sertifikat BPOM dan MUI, kemudian cek cara pengemasan jamu tradisional ini, apakah terbilang higienis atau tidak ? sehingga Anda dapat memastikan aman dan nyaman meminum jamu ini meskipun ada bertanya pada bunda mengetahui boleh tidak ibu hamil minum beras kencur ?

Sedangkan untuk jamu selain beras kencur maka harap menjadi perhatian maka ibu hamil harus hati-hati sebelum mengkonsumsi jamu itu, pastikan tidak ada tambahan obat sintetik padanya. Kemudian bunda memperhatikan kondisi tubuh, jika sedang mengalami mual, sakit maag dan muntah maka jangan minum jamu terlebih dahulu. Dan apabila setelah meminum jamus jenis tertentu mengalami dampak negatif maka Anda bisa jadi alergi pada bahan-bahan di jamu itu sehingga harus menghentikan meminumnya.

Oke bunda sekian jawaban dari bolehkah ibu hamil minum jamu beras kencur ? Kesimpulannya boleh asalkan memastikan bahan-bahan pembuatannya herbal asli dan disarankan untuk membuatnya sendiri sehingga lebih terasa segar.

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Minum Jamu Beras Kencur ?"

Poskan Komentar