Cara Mengatasi Batuk Kering Pada Ibu Hamil

Advertisement
Sebagian besar bumil yang mengalami batuk kering selama kehamilan akan merasakan rasa tidak nyaman dan bahkan tidur malam pun menjadi terganggu. Cari tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasi batuk kering pada ibu hamil dengan alami dari bahan tradisional supaya mendapatkan kesehatan dan ketenangan dalam menjalani masa kehamilan.

Biasanya batuk berdahak dapat diatasi dengan memberikan obat pencahar sehingga dahak bisa mencair dan mudah dikeluarkan sehingga napas lega kembali. Berbeda dengan batuk kering, penyakit ini tidak bisa diatasi dengan menghilangkan dahak karena memang tidak ada.



Penyebab Batuk kering Selama Kehamilan

Bumil kemungkinan bakal mengalami batuk kering selama setiap trimester kehamilan, sehingga tidak jarang beberapa wanita hamil mengeluh tentang masalah penyakit ini yang semakin parah pada masa terakhir mengandung, dengan akibat semisal bernapas menjadi lebih sulit.

Penyebab batuk kering ibu hamil bisa dari flu biasa, karena virus influenza ini bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan sehingga timbul gatal dan reaksi batuk, dan terkadang kasus seperti ini menjadi lebih buruk saat malam hari. Banyak ibu hamil mengalami gejala flu yang menyebabkan batuk kering pada awal dan akhir masa mengandung.

Penyebab batuk kering wanita hamil bisa dari alergi, udara yang buruk dapat memperburuk sistem pernapasan Anda dengan iritasi ringan yang memicu gejala batuk. Penyebab batuk kering lainnya yaitu penyakit asma, bronkospasme atau bronkitis dan anafilaksis. Terkadang penyakit lambung akan memproduksi asam yang menyebabkan batuk kering.

Cara Mengatasi Batuk Kering Pada Ibu Hamil Dengan Alami Dan Aman



Bunda tentu tahu batuk selama kehamilan dapat menjadi sumber penderitaan karena perasaan yang tidak nyaman, berikut cara menyembuhkan batuk kering pada ibu hamil yang bisa diterapkan yaitu :

1. Konsultasi dengan dokter kandungan tentang batuk kering yang dialami. Dokter kandungan yang dipercaya bunda akan melakukan pemeriksaan dan diagnosa sebelum memberikan saran, dan mintalah kepadanya obat-obatan untuk batuk yang alami dan aman.

2. Menjaga diri dari dehidrasi dengan minum banyak air putih dan terutama air panas dengan perasan lemon yang dapat mengobati batuk kering pada ibu hamil. Penggunaan madu yang dicampur dengan air panas bisa menjadi pengobatan alami alternatif yang mungkin manjur.

3. Saat bunda batuk maka posisikan kepala tegak dan lebih tinggi dari badan atau tenggorokan, jika posisi bunda berbaring maka batuk dapat menjadi lebih buruk.

4. Anda menghindari benda-benda yang mengakibatkan iritasi semisal produk pembersih, parfum, debu, aroma masakan menyengat semisal sambal, atau lainnya yang dapat memicu batuk.

5. Anda bisa mencoba irisan lemon yang diberi lada dan garam, kemudian dihisap untuk meringankan batuk.

6. Cara mengobati batuk kering wanita hamil selanjutnya dengan meminum ramuan dari rebusan jahe dan kencur. 

7. Bunda membuat teh dengan irisan jahe untuk melegakan tenggorokan.

8. Mengkonsumsi obat batuk kering tradisional dengan rebusan daun basil yang diberikan satu sendok madu asli. Dan obat ini diminum sedikit saja ya satu sendok untuk waktu pagi, siang dan malam.

Itulah beberapa cara mengatasi batuk kering pada ibu hamil yang segera bisa diterapkan untuk mendapatkan kondisi kesehatan yang lebih baik.

2 Responses to "Cara Mengatasi Batuk Kering Pada Ibu Hamil"