Cara Renang Untuk Ibu Hamil Aman Dan Sehat

Advertisement
Cara renang untuk ibu hamil aman dan sehat perlu diketahui oleh semua ibu mengandung supaya lebih rajin menjaga kesehatan dengan olahraga yang menyenangkan ini. Bunda tentu tahu bahwa kegiatan berenang saat hamil itu terbilang aman dan dapat memberikan banyak manfaat bagi bumil. Perasaan santai dan merasa baik akan dirasakan ketika Anda berendam di dalam air meskipun perut sudah mulai membuncit, namun tetap saja ada cara renang ibu hamil yang aman dan membuat moms mendapatkan kondisi terbaik.

Ada beberapa orang mengatakan hal yang berbeda yakni renang pada masa hamil itu berbahaya, padahal berenang itu dilakukan pada lingkungan yang relatif aman. ketika Anda memasukkan badan dalam air maka 90% dari berat tubuh akan ditopang oleh perbedaan jenis massa.

Cara Renang Untuk Ibu Hamil Aman Dan Sehat


Manfaat Renang Buat Ibu Hamil

Dengan berenang selama setengah jam atau 30 menit maka banyak manfaat yang dapat diperoleh ibu hamil di antaranya yaitu,

1. Banyak wanita hamil merasakan olahraga ringan berenang membantu meringankan gejala pembengkakan pada kaki yang sering dialami bumil pada masa trimester 2 dan 3, bahkan beredang bisa menghilangkan rasa sakit siatik karena sirkulasi peredaran lebih lancar dari gerakan renang.

2. Renang di kolam renang dapat membantu bunda mendapatkan kebugaran badan sekaligus mempermudah dalam beradaptasi dengan kehamilan.

3. Berenang merupakan salah satu olahraga atau latihan ringan yang sangat baik dalam masa mengandung karena air membantu bunda dalam menopang berat badan yang mulai berat pada masa hamil 5 bulan ke atas, berbeda dengan beberapa olahraga lainnya semisal senam atau latihan aerobik. Berenang juga membantu bunda untuk merasa kesejukan air.

4. Ada pengalaman beberapa bumil yang menunjukkan bahwa berenang dapat mendorong bayi masuk pada posisi terbaik untuk masa persalinan dan sekaligus sebagai penghilang stres.

Secara umum manfaat berenang bagi ibu hamil yaitu : dapat meningkatkan sirkulasi darah dan fungsi jantung serta paru-paru, memperkuat kekuatan otot, mengurangi pembengkakan, membakar kalori, mempermudah dalam mengatur berat badan, memberikan tidur yang nyenyak dan pulas, meringankan rasa sakit dan nyeri.

Cara Renang Untuk Ibu Hamil Aman Dan Sehat
Berikut beberapa tips berenang bagi wanita hamil yang dapat dijadikan panduan yaitu :

1. Konsultasikan kepada dokter kandungan atau bindan Anda apakah Anda dapat mengambil latihan renang bagi ibu hamil, ahli fisioterapis juga dapat didatangi jika ingin memastikan keadaan Anda sehat untuk berenang. Apalagi jika moms termasuk wanita hamil dengan riwayat kasus : pernah keguguran, pecah ketuban, persalinan dini, leher rahim yang lemah, kehamilan kembar, penyakit jantung dan paru-paru

2. Suhu air dalam kolam renang tidak boleh lebih panas dari 32 derajat Celcius. Namun pada umumnya kolam renang umum mempunyai suhu yang lebih dingin dari 32 derajat Celcius.

3. Cara berenang buat ibu hamil yang aman selanjutnya ialah bunda harus menambah asupan makanan bergizi dan terutama kebutuhan kalori, dan ini dilakukan pada latihan pada umumnya saat hamil.

4. Ambilah pelatihan renang selama 30 menit dan jika lebih maka pastikan bunda untuk minum banyak cairan dan ditambah dengan glukosa sedikit.

5. Cara renang untuk ibu hamil yang terakhir ialah segera hentikan kegiatan berenang apabila Anda merasakan pusing, sesak napas, detak jantung berdebar atau tidak teratur, rasa sakit pada perut bagian bawah, perdarahan rahim dan dehidrasi.

0 Response to "Cara Renang Untuk Ibu Hamil Aman Dan Sehat"

Poskan Komentar