Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil

Advertisement
Apabila ibu hamil perut kembung tentu akan mual dan bahkan bisa muntah disertai dengan badan tidak enak, dan pada umumnya bumil sering kali mendapat keluhan perut kembung dalam masa kehamilan mereka. Bagi bunda yang pertama kali hamil maka masalah ini akan sangat menyulitkan karena bingung bagaimana cara mengatasi perut kembung bagi ibu hamil dengan bahan alami dan aman untuk kandungan.

Perut kembung merupakan salah satu keluhan atau kasus kesehatan yang sering terjadi selama kehamilan terutama pada bunda yang baru pertama kali hamil. Penyebab perut kembung sebenarnya adalah hal yang normal sehingga moms jangan terlalu khawatir saat mendapatinya. Namun perut terasa kembung karena banyak udara akan mengganggu kenyamanan dan harus dikerjakan cara mengobati dengan bahan alami untuk mengusir penyakit ini karena ditakutkan jika berdampak pada napsu makan berkurang akan ada bahaya lanjutan. 

Ibu hamil yang mengalami perut kembung karena ada gas-gas yang berakumulasi pada perut bumil semisal, metana, hidrogen, oksigen, karbondioksida dan nitrogen. Kenapa bisa terjadi pengumpulan gas-gas pada perut ? karena ibu hamil mengalami perubahan hormon disebabkan mengkonsumsi beberapa makanan yang memicu penyakit perut kembung.

Produksi hormon progesteron mengalami kenaikan signifikan saat hamil daripada perempuan yang tidak hamil, hal mengakibatkan hormon progesteron memicu kedaan rilieks pada jaringan otot, dan juga pada jaringan otot pada sistem pencernaan wanita hamil. Hal ini berakibat melambatnya proses pencernaan dengan akibat akhir berupa gas tertimbun pada perut dari waktu ke waktu, berakumulasi dan terjadi masalah perut kembung. 

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil


Perut kembung pada ibu hamil juga bisa dipicu karena makanan yang mempunyai zat gas (semisal umbi jalar), suhu teramat dingin, dan juga obat-obatan medis.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil

wanita hamil bisa mengerjakan beberapa cara menyembuhkan perut kembung sebagai berikut:

1. Hindari Makanan Penyebab Perut Kembung

Jauhi sejak diri untuk makan makanan yang memicu masalah perut kembung semisal durian, ubi jalar, tape, asparagus, brokoli, kembang kol, mentimun, lobak, buncis, kacang polong dan bawang. Kacang-kacangan juga harus dihindari dan minuman ringan yang bersoda semisal sprite, coca-cola dan fanta.

2. Anda harus mengunyah makanan dengan baik untuk membuat makanan mudah dicerna oleh lambung, semisal satu suapan makanan dikunyah hingga 33 kali dan baru ditelan.

3. Tidak Berlebihan Saat Makan

Benar jika bumil harus banyak makanan bergizi tetapi tetap saja tidak boleh berlebihan karena akan menimbulkan perut kembung.



4. Hindari Kafein

Kopi mengandung kafein yang menjadi salah penyebab masalah perut kembung pada ibu hamil. Minum teh juga diduga akan membuat perut terisi dengan gas.

5. Olahraga ringan

Kerjakan olahraga ringan dan aman bagi ibu hamil semisal jalan-jalan saat pagi hari.

6. Tidak Mengenakan Pakaian Ketat

Apabila Anda memakai pakaian ketat maka akan membuat perut tertekan sehingga terjadi penumpukan gas pada perut maka sangat baik Anda mengenakan pakaian longgar selama masa hamil.

7. Kerjakan Pengobatan Alami

Apabila 6 cara mengatasi perut kembung pada ibu hamil di atas telah dilakukan tetapi tetap saja perut terasa penuh udara maka kerjakan beberapa tips berikut : Mencoba untuk sendawa atau kentut dengan tidak terlalu memaksa, oleskan minyak telon atau minyak kayu putih pada perut, minum obat tradisinal yang dibuat dari jahe, kayu manis, kencur (kunyit), minyak zaitun, Jintan hitam (Habbatussauda), kapulaga dan lainnya.

0 Response to "Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil"

Poskan Komentar