Cara Mengatasi Diare pada Ibu Hamil Alamiah Tanpa Obat

Advertisement
Diare adalah penyakit yang sangat mengganggu, apalagi jika diderita oleh ibu hamil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi diare pada ibu hamil. Diare sendiri seringkali diartikan sebagai buang-buang air besar yang disebabkan oleh makanan atau kuman. Tetapi, diare yang diderita oleh ibu hamil bisa disebabkan oleh berbagai hal. Pertama, mungkin karena perubahan kadar hormon yang mempengaruhi produksi asam lambung dan sistem pencernaan.

Selain itu, diare pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh kurangnya konsumsi vitamin B dan asam folat. Disamping itu, faktor makanan yang terlalu asam atau pedas juga bisa menjadi salah satu penyebab. Oleh karenanya, selama masa kehamilan, ibu hamil dituntut untuk mengonsumsi makanan yang sehat dengan pola makan teratur. Karena jika sudah terkena diare, maka kondisi ibu hamil pun bisa turun drastis dan berakibat juga kepada bayi yang dikandungnya.


Berikut lima cara mengatasi diare pada ibu hamil:

1. Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin B dan asam folat
Sebaiknya, para ibu hamil disarankan mengonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin B dan asam folat seperti tomat, alpukat, pisang, anggur, dan yang lainnya.

2. Hindari susu
Beberapa susu untuk ibu hamil, mengandung laktosa yang sangat tinggi. Hal itu menyebabkan susu tersebut sulit dicerna oleh lambung dan usus sehingga menghasilkan diare. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi susu yang mengandung laktosa tinggi.

3. Memperbanyak minum air putih
Minum banyak air putih bisa menghilangkan dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab diare. Diare yang terus menerus memang sering disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan, oleh karenanya disarankan perbanyak minum air putih atau cairan elektrolit.

4. Tidak mengonsumsi obat pencahar & penetral asam lambung
Obat pencahar dan obat penetral asam lambung yang dikonsumsi ibu hamil dapat mengganggu kinerja usus mereka sehingga menyebabkan diare. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan tidak mengonsumsi kedua obat tersebut ketika tidak terlalu dibutuhkan.

5. Menjaga pola makan
Pola makan sehat dan teratur akan mempersehat ibu hamil dan menghindari dari ancaman diare. Oleh sebab itu, makanan yang terlalu pedas dan asam sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil.

Itulah beberapa cara mengatasi diare pada ibu hamil. Semoga bisa membantu mengatasi keluhan Anda para ibu-ibu hamil.

0 Response to "Cara Mengatasi Diare pada Ibu Hamil Alamiah Tanpa Obat"

Poskan Komentar