Lima Tips untuk Ibu Hamil Muda yang Susah Tidur

Advertisement
Pada saat hamil muda, para ibu hamil sering kali mengalami kegelisahan yakni urusan susah tidur. Tidak hanya mengalami kesulitan untuk tidur, para ibu hamil muda pun sering kali mengalami ketidaknyamanan dan rasa sakit pada saat tidur.
Hal tersebut terjadi karena pelbagai faktor. Diantaranya adalah karena kondisi perut yang akan mulai semakin besar sehingga mulai membuat tidak nyaman, kondisi bayi dalam kandungan yang semakin berkembang sehingga menambah frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering. Serta rasa sakit dan nyeri pada daerah uluhati. Selain itu, faktor lain semisal kebiasaan tidur di siang hari guna menghilangkan rasa mual yang timbul, ini mempersulit ibu tidur pada malam harinya hingga jadi begadang. Bisa juga karena seputar masalah kesehatan lain semisal keputihan, baca tips mengatasi keputihan pada ibu hamil.

Sulit tidur adalah kondisi yang buruk untuk para ibu hamil muda, karena hal itu bisa menyebabkan kondisi kesehatan dan kandungan menurun. Belum lagi, mood kantuk ketika siang hari akan membuat ibu hamil cepat merasa lelah atau pegal-pegal. Jika sudah begitu, biasanya tidur siang yang akan menjadi solusi.
Berikut lima tips mengatasi kondisi susah tidur untuk ibu hamil muda:

1. Mencari posisi yang nyaman
Ibu hamil muda memang kerap kesulitan mencari posisi yang nyaman karena tubuh, terutama pada bagian perut yang semakin membesar. Oleh karena itu, disarankan ketika akan tidur, hindarilah posisi terlentang atau tengkurap. Dan disarankan untuk berbaring menghadap samping (kiri/kanan). Selain lebih nyaman, berbaring menghadap samping juga baik untuk kesehatan karena memperlancar aliran darah.

2. Makan yang cukup
Makan terlalu berlebihan sehingga membuat terlalu kenyang tidaklah baik bagi para ibu hamil. Hal itu dapat mengakibatkan rasa tak enak di bagian perut. Oleh karena itu, dianjurkan pada saat lapar di malam hari, makanlah secukupnya dan bisa dengan mengemil makanan ringan saja.

3. Berolahraga di siang atau sore hari
Untuk membuat kantuk di malam hari, melakukan aktivitas yang cukup di siang atau sore harinya adalah cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga. Untuk para ibu hamil muda, berolahraga ringan di siang hari sangatlah bermanfaat. Olahraga yang bisa dilakukan yakni, yoga atau senam.

4. Minum susu hangat
Susu adalah minuman yang dapat membuat seseorang mampu tidur lebih nyenyak pada malam hari. Itu berarti, susu juga sangat baik bagi para ibu hamil. Selain mempunyai vitamin tinggi yang dapat menambah kesehatan, minum susu juga dapat mengurangi konsumsi minuman lain yang berlebihan sehingga mengurangi resiko buang air kecil berlebihan.

5. Mandi dengan air hangat
Mandi dengan air hangat di malam atau sore hari bagi ibu hamil sangat bagus. Karena hal itu bisa menimbulkan rasa tenang dan nyaman yang baik untuk kesehatan sang ibu hamil. Juga, berarti akan mempermudah sang ibu hamil untuk beristirahat dengan baik di malam hari.

Itulah tips-tips untuk ibu hamil muda yang mengalami susah tidur. Semoga bermanfaat untuk para ibu-ibu yang tengah hamil muda.

0 Response to "Lima Tips untuk Ibu Hamil Muda yang Susah Tidur"

Poskan Komentar