4 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil Delapan Bulan

Advertisement
Pada saat usia kehamilan seorang ibu sudah memasuki usia 8 bulan, maka sang ibu pun tidak boleh melakukan aktivitas yang terlalu berlebihan. Begitupun dengan aktivitas olahraga. Tetapi perlu diketahui, saat usia kehamilan memasuki 8 bulan, seorang ibu masih boleh melakukan olahraga. Ada beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil usia 8 bulan. Tentu, olahraga-olahraga tersebut adalah jenis olahraga yang sangat ringan dan tidak memerlukan gerakan tubuh yang begitu banyak.

Hal ini tentu dikarenakan kondisi perut sang ibu yang sudah semakin besar dan kondisi janin yang sudah semakin berat membuat ibu hamil usia 8 bulan sangat sulit untuk bergerak dan beraktivitas secara berlebihan. 

4 Macam Olahraga Ringan Ibu Hamil Delapan Bulan

Olahraga yang dilakukan pun tidak memerlukan sang ibu untuk keluar rumah. Olahraga ini hanya berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh sang ibu hamil juga untuk melatih dan merenggangkan otot-otot terutama di bagian pinggul. Berikut ini empat jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil usia delapan bulan: 

1. Yoga

Yoga adalah olahraga yang mengedepankan konsentrasi dan relaksasi. Oleh karenanya yoga cocok untuk ibu hamil usia 8 bulan. Apalagi ditambah melakukan yoga tidaklah membutuhkan gerakan yang banyak dan berat. Selain itu, yoga juga mudah dan bisa dilakukan dimana saja, serta tidak membutuhkan peralatan yang rumit.

2. Hip
Hip adalah salah satu jenis olahraga senam yang sangat cocok untuk ibu hamil. Hip bisa dilakukan dengan posisi berbaring secara telentang dengan lutut yang ditekuk. Kemudian ambil nafas lalu tahan dibawah perut sembari mengencangkan bokong. Lalu ratakanlah punggung Anda di lantai/matras dan angkat panggul Anda ke atas. Tahan dalam posisi tersebut selama 5 detik kemudian hembuskan nafas. Gerakan hip ini membantu membuat otot-otot Anda lentur pada saat proses persalinan kelak.

3. Mencium lantai
Cara melakukannya adalah dengan berjongkok dan setelah itu membungkuk lalu mulai mencium lantai/matras secara perlahan. Lalu tahan dalam posisi tersebut selama 10 detik dan rilekskan badan kemudian ulangi. Dengan gerakan ini Anda akan mampu memperbaiki posisi bayi agar kepala bayi mengarah ke panggul.

4. Hand up
Sebenarnya olahraga ini hampir mirip seperti yoga. Caranya adalah dengan mengangkat kedua tangan lurus ke atas kepala, masing-masing menyentuh telinga dengan posisi telapak saling berhadapan. Kemudian pertahankan posisi tersebut selama 20 detik. Gerakan ini berfungsi untuk membantu melancarkan pernafasan dan peredaran darah bagi ibu hamil sehingga menimbulkan rasa rileks.

Itulah empat jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil usia 8 bulan. Tentu bukanlah sesuatu yang menyulitkan untuk dilakukan. Semoga menginspirasi Anda para ibu hamil untuk tetap bugar dan selamat mempraktikkannya di rumah!

0 Response to "4 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil Delapan Bulan"

Poskan Komentar