Tips Jitu Cara Merawat Gigi Bayi 1 Tahun

Advertisement
Menurut survei yang ada, banyak para orangtua mengabaikan perawatan gigi pada balita mereka, terutama bayi satu tahun. Karena pada umumnya gigi bayi 1 tahun belum terlihat maksimal, dan umumnya baru muncul di bagian depan saja hingga para orangtua memilih untuk mendiamkannya saja tanpa melakukan perawatan apapun terutama dalam membujuk sang buah untuk mulai belajar menyikat gigi mereka sendiri. Padahal melakukan perawatan dini pada gigi bayi usia tahun sangatlah penting kesehatan, terutama bila bayi mereka sudah beranjak besar.

Sebenarnya melakukan perawatan gigi bayi 1 tahun sangatlah mudah bila kita mau telaten dalam membimbing sang buah hati untuk mulai mau membiasakan menyikat giginya supaya bersih, terutama menjelang tidur. Dan berikut ini, kami akan memberikan tips jitu cara merawat gigi bayi 1 tahun, yaitu;

1. Menyikat gigi bayi dengan kain kasa atau sikat gigi berbulu lembut
Gusi dan gigi bayi 1 tahun masih terbilang cukup sensitif, terutama oleh gesekan yang keras. Oleh sebab itu, Anda harus memakai kain kasa dalam membersihkan gigi sang bayi. Bila bayi berumur sekitar 10 bulan lebih, boleh menggunakan sikat gigi tetapi usahakan yang berbulu sangat lembut agar tidak melukai gusi sang buah hati. Menyikat gigi bayi 1 tahun ini sebaiknya dilakukan setiap pagi setelah makan dan malam hari menjelang tidur.    

2. Usahakan melakukan penyikatan gigi bayi secara perlahan dan lembut
Bila bayi 1 tahun Anda masih belum bisa atau tidak mau menyikat giginya sendiri, maka Anda harus membujuknya dan membantu sang bayi dalam menyikat giginya dengan sabar  dan telaten. Lakukan secara lembut dan perlahan dengan bantuan tangan Anda.   

3. Hindari penggunaan pasta gigi, terutama yang berflorida tinggi
Untuk bayi 1 tahun disarankan untuk tidak memakai pasta gigi setiap menyikat giginya baru tumbuh beberapa saja. Sang bayi banyak yang belum bisa menahan dan membuang hasil busa floride sendiri, jadi bisa saja menelannya tanpa disengaja. Jadi, usahakan menggosok gigi bayi tanpa pasta gigi  karena kandungan florida yang tinggi dan tertelan terus menerus sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dan jangan lupa untuk selalu meminta sang bayi berkumur dengan air setelah menggosok giginya atau meminum air putih matang bila bayi belum bisa berkumur.

4. Periksa ke dokter gigi secara rutin
Rutin ke dokter gigi guna memeriksakan kesehatan gigi bayi 1 tahun merupakan hal yang sangat membantu dalam merawat dan menjaga kesehatan gigi sang bayi itu sendiri.


Cukup sederhana dan mudah bukan dalam melakukan cara merawat gigi bayi 1 tahun di atas. So, segera lakukan perawatan dini terhadap gigi sang buah hati Anda dari sekarang juga!.
-in-

0 Response to "Tips Jitu Cara Merawat Gigi Bayi 1 Tahun "

Poskan Komentar