5 Trik Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar

Advertisement
Menangani bayi yang sedang sakit atau mengalami gangguan kesehatan memang sangatlah membuat sang orangtua merasa sangat khawatir karena mampu membuat sang bayi menjadi sangat rewel dan tidak nyaman. Bahkan saking khawatirnya terhadap bayi mereka, mereka menjadi bingung dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya secara cepat dan tepat. Kebanyakan mereka langsung memutuskan untuk membawa bayinya ke dokter, padahal gangguan kesehatan yang sedang dialami sang bayi tersebut bisa ditangani secara tradisional dan alami oleh para orangtua sendiri.

Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami para bayi yang bisa ditangani secara alami oleh para orangtua tersebut adalah susah buang air besar. Cara mengatasi bayi susah buang air besar ternyata cukup mudah ditangani sendiri oleh para orangtua, terutama sang ibu. Di sini kami akan memberikan 5 trik cara mengatasi bayi yang susah buang air besar, yakni sebagai berikut :

1.    Memijat perut sang bayi 


Sang bayi tentu saja akan merasa kesakitan bila mengalami susah BAB. Maka dari itu, pertolongan paling awal yang bisa diberikan pada bayi kesayangan adalah dengan cara memijat perut sang bayi secara lembut. Anda bisa memijat bagian bawah puser bayi secara perlahan dan lembut dengan olesan minyak telon. Dengan pijatan tersebut bisa membuat sang bayi menjadi rileks dan mengatasi susah BABnya.    

2.    Membuat sang bayi untuk bisa bergerak aktif
Disamping melakukan pijatan lembut, membuat bayi bergerak aktif juga bisa membantu dalam membantu susah BAB pada bayi. Jadi, cobalah bermain-main dengan bayi Anda agar bisa bergerak aktif. Dengan begitu feses akan lebih mudah terdorong oleh usus sang bayi hingga sa ng bayi bisa dengan mudah mengeluarkan feses tersebut.   

3.    Memandikan sang bayi dengan air hangat
Salah  satu cara dalam membuat bayi menjadi rileks adalah memandikannya dengan air hangat. Karena air yang hangat dipercaya bisa melancarkan pencernaan bayi dan merilekskan tubuh bayi hingga lebih mudah dalam mengeluarkan fesesnya.

4.    Mengganti susu formula
Cara ini bisa diterapkan apabila sang bayi mendadak susah buang air besar ketika mengkonsumsi susu formula yang lama. Gantilah susu formula yang lebih cocok untuk bayi Anda, tetapi akan lebih baik lagi bila Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter anak.

5.    Memastikan kebutuhan air yang cukup bagi sang bayi
Salah satu cara melancarkan sistem pencernaan adalah mencukupi kebutuhan air bagi tubuh. Bila bayi Anda mengalami susah buang air besar, bisa jadi karena akibat kurangnya kebutuhan air dalam tubuh sang bayi. Maka dari itu, penuhilah kebutuhan air bayi Anda minimal sebotol setiap harinya hingga masalah BAB bayi akan segera teratasi dengan baik. 

Demikian 5 trik cara mengatasi bayi susah buang air besar dalam artikel ini. Cukup simpel dan mudah bukan caranya? So, segera lakukan trik di atas bila bayi Anda tengah alami susah BAB, tanpa harus langsung membawa langsung ke dokter. Cheers, moms!
-in-

0 Response to "5 Trik Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar"

Poskan Komentar