Beginilah 3 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Pada Bayi

Advertisement
Cacar air merupakan salah satu penyakit kulit yang bisa diderita oleh siapa saja, termasuk bayi kita. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus selalu menjaga kebersihan setiap saat, di manapun kita dan bayi kita berada. Apabila bayi kita sudah mengalami cacar air maka segeralah lakukan perawatan secara khusus, baik dari dokter maupun dari kita sendiri sebagai orang tua sang bayi.

Penyakit cacar air ini sering kali meninggalkan bekas yang cukup mengganggu pada kulit terutama pada kulit bayi. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena ada cara menghilangkan bekas cacar air pada bayi yang cukup efektif di sini. Inilah caranya :

1.    Melakukan perawatan khusus
Langkah ini dilakukan bila sang bayi masih dalam tahap pengobatan dar cacar airnya. Perawatan khusus ini berguna agar sang bayi cepat sembuh dan mencegah terjadinya banyak bekas cacar air pada bayi. Selain berobat ke dokter, orang tua harus melakukan perawatan khusus dengan cara memberinya obat cacar air, memandikan bayi dengan air hangat yang dicampur dengan dettol atau serum anti gatal (biasanya ini didapat dari resep dokter), memberinya selalu bedak tabur ke seluruh badan setelah memandikannya lalu memakaikan baju yang bersih dan nyaman. Ini harus dilakukan secara rutin dan telaten.   

2.    Menjaga Kebersihan
Selain melakukan perawatan khusus, menjaga kebersihan di ruangan tempat bayi berada juga sangat membantu mengurangi kondisi cacar air agar tidak banyak meninggalkan bekas pada kulit bayi. Rajinlah juga mengganti pakaian sang bayi dan memotong kuku tangan serta kaki sang bayi sampai bersih dengan telaten guna mencegah sang bayi melukai kulitnya yang terkena cacar air tersebut.

3.    Menggunakan pengobatan tradisional


Nah, langkah ini cukup sederhana karena cukup memakai rempah/bahan tradisonal yang sudah tersedia di sekitar kita, seperti kacang hijau, temulawak, mengkudu, daun jarak, lada, cendana, bengkoang, kulit pisang, madu dan sebagainya.

Tetapi yang paling sering digunakan untuk menghilangkan bekas cacar air pada bayi adalah kacang hijau dan jagung muda karena bahan tersebut terkenal efektif dalam menghilangkan bekas cacar air pada kulit. Cara membuat dan menggunakannya pun cukup mudah, yakni dengan cara menghaluskannya lalu menempelkannya pada kulit bayi. Tetapi untuk kacang hijau, sebaiknya direndam dahulu sampai biji agak membesar, baru kemudian menghaluskannya.

Nah, cukup mudah bukan cara menghilangkan bekas cacar air pada bayi ini? Selamat mencoba bunda!

0 Response to "Beginilah 3 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Pada Bayi"

Poskan Komentar