Kumpulan Cara Ampuh Dalam Mengatasi Susah Kentut Pada Bayi

Advertisement
Bayi yang susah kentut atau mengalami perut kembung memang tidak bisa dianggap remeh karena bisa menyebabkan sang bayi akan menjadi sangat rewel dan cukup mampu membuat para ibu khawatir akan kesehatan bayinya. Perut yang kembung memang menimbulkan rasa tidak nyaman sang bayi hingga harus segera diatasi agar tidak menjadi merembet sakit lainnya.

Sebenarnya ada cara sederhana dan mudah yang dapat dilakukan sendiri di rumah yang mungkin bisa cocok dan manjur dalam mengatasi susah kentut pada bayi Anda, hingga Anda tak perlu langsung dibawa ke dokter terlebih dahulu. Dan inilah cara ampuh dalam mengatasi susah kentut pada bayi:

1.    Memijat tubuh, terutama bagian perut bayi
Pertolongan pertama yang cukup ampuh dalam mengatasi gangguan susah kentut atau perut kembung pada bayi adalah dengan cara memijat tubuh bayi, terutama bagian perut. Gunakan minyak telon atau bawang merah yang telah diulek kasar untuk mempermudah proses pemijatan tersebut. Lakukan secara lembut dan perlahan sampai bayi bisa bersendawa dan kentut.

2.    Memandikan bayi dengan air hangat

Cara kedua ini bisa menjadi langkah kedua setelah melakukan pemijatan di atas. Jeda  waktunya sekitar sejam atau dua jam kemudian. Dengan mandi air hangat, bayi akan merasa menjadi lebih relaks dan tidak rewel lagi.

3.    Mengompres perut bayi
Cara ini merupakan alternatif lain bila hasil pemijatan belum maksimal. Kompreslan bagian perut bayi dengan handuk basah yang hangat selama beberapa menit saja. Lakukan beberapa kali pembasahan handuk dengan air hangat untuk mengompres agar angin yang berlebih dalam perut bayi cepat keluar.   

4.    Melakukan diet bagi sang ibu
Cara ini dilakukan karena bisa jadi gangguan perut kembung atau susah kentut bayi tersebut disebabkan oleh ASI. Jadi sang ibu sebaiknya melakukan diet makanan agar ASInya tidak mengandung zat yang mengandung banyak gas, seperti meminimalkan dalam mengkonsumsi biji fenugreek. Karena biji fenugreek adalah jenis makanan yang mengandung zat yang dapat membuat gas yang berlebih dalam tubuh meskipun biji fenugreek berkhasiat meningkatkan produksi ASI.

Dan apabila bayi Anda masih terkena gangguan susah kentut meskipun telah melakukan cara-cara tersebut di atas, maka segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat pada sang bayi. Itulah beberapa cara ampuh dalam mengatasi susah kentut dalam artikel ini. Sampai jumpa pada artikel kesehatan ibu hamil berikutnya, moms!      

0 Response to "Kumpulan Cara Ampuh Dalam Mengatasi Susah Kentut Pada Bayi"

Poskan Komentar