7 Cara Efektif Dalam Mengatasi Pusing dan Muntah Pada Ibu Hamil

Advertisement
Gejala pusing dan mual/muntah atau terkenal dengan istilah morning sickness memang merupakan hal yang wajar dialami oleh para ibu hamil. Tetapi bila terlalu sering atau setiap hari terjadi, hal tersebut tentu sangat mengganggu dan merepotkan bahkan dapat membuat ibu hamil itu menjadi sakit parah atau membahayakan bayi yang sedang dikandungnya.


Karena itu, diperlukan suatu penanganan dini agar ibu hamil bisa menjalankan aktivitasnya tanpa terganggu oleh rasa pusing dan mual/muntah tersebut. Berikut ada 7 cara mengatasi pusing dan muntah pada ibu hamil yang cukup efektif, yakni;

1.    Hindari makan makanan yang pedas dan berlemak
Seperti yang telah kita ketahui bahwa makanan yang pedas dan berlemak bisa menimbulkan berbagai penyakit bila dikonsumsi secara berlebihan dan setiap hari. Maka dari itu, ibu hamil sebaiknya menghindari makanan yang pedas dan mengandung banyak lemak karena makanan tersebut akan lebih memicu saraf otak dan tubuh untuk bekerja lebih banyak hingga bisa menyebabkan rasa pusing bahkan mual. Usahakan lebih mengutamakan makan makanan segar dan mengandung protein, seperti buah, sayur, telur dan ikan. 

2.    Usahakan makan lebih sering
Bagi ibu hamil mungkin akan lebih sering merasa lapar karena bawaan sang bayi dalam perutnya. Rasa lapar juga merupakan salah satu pemicu rasa pusing dan mual/muntah ibu hamil. Untuk itu, lebih seringlah makan meskipun hanya sedikit saja. Usahakan juga mengemil makanan yang segar, seperti buah, salad dan air putih demi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya tersebut.  

3.    Hindari rasa lelah atau cape yang berlebihan
Ibu hamil sudah membawa beban yang cukup berat dalam perutnya. Bila terlalu lelah, sang ibu akan cepat merasa pusing dan mual. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk tidak boleh terlalu lelah atau banyak beraktivitas macam-macam yang bisa menguras pikiran dan tenaganya.

4.    Melakukan olahraga ringan
Ibu hamil disarankan untuk tetap bergerak aktif agar tubuhnya tidak lemas atau tetap fit dan merangsang otak untuk bisa lebih segar dan tenang juga bisa menghilangkan rasa jenuh. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki dan yoga serta beberapa olahraga ringan lainnya yang sejenis.

5.    Melakukan relaksasi
Kegiatan relaksasi ini berguna agar ibu hamil tidak jenuh dan tidak cepat stres. Lakukan beberapa tehnik relaksasi setelah beraktivitas agar bisa membuang energi negatif dalam tubuh.

6.    Usahakan diam sejenak di kasur setelah bangun di pagi hari
Banyak orang biasanya langsung beranjak bangun dan jalan ketika bangun tidur di pagi hari. Tetapi hal itu sebaiknya jangan dilakukan oleh ibu hamil, karena hal tersebut bisa memancing rasa pusing dan kemudian mual/muntah. Maka dari itu, ibu hamil sebaiknya diam sejenak saat terbangun dari tidurnya di pagi hari.  

7.    Menciptakan ruang yang sejuk dan dingin
Karena membawa beban dalam perutnya, ibu hamil akan lebih cepat merasa gerah atau panas pada tubuhnya, terutama bila ia sedang lelah. Bila itu terjadi, ibu hamil akan cepat merasa pusing dan mual serta memiliki emosi yang berlebihan. Untuk menghindarinya, ciptakan suasana ruang yang adem, sejuk dan dingin dengan ac atau kipas angin untuk ibu hamil.

Itulah 7 cara mengatasi pusing dan muntah pada ibu hamil yang efektif untuk dipraktekan. Semoga bermanfaat ya, ladies!

0 Response to "7 Cara Efektif Dalam Mengatasi Pusing dan Muntah Pada Ibu Hamil"

Poskan Komentar