Beginilah Cara Merawat Bayi Prematur 8 Bulan Yang Baik

Advertisement
Melahirkan bayi yang normal dan sehat tentu menjadi dambaan bagi para pasangan suami istri. Namun bila takdir berkata lain, yakni sang bayi harus dilahirkan secara prematur atau baru berusia 8 bulan, tentu akan membuat orangtuanya menjadi cemas akan keselamatan dan kesehatan sang bayi prematur setelah dilahirkan.  Tetapi melakukan perawatan bayi prematur 8 bulan di rumah sakit tentu akan memerlukan biaya yang besar dan juga belum tentu menjadi hal yang baik bagi perkembangan dan kesehatan bayi prematur itu sendiri.

Bila dokter sudah membolehkan atau mempercayakan perawatan sang bayi prematur pada sang ibu di rumah, maka ada beberapa cara yang baik dalam melakukannya. Inilah cara merawat bayi prematur 8 bulan yang banyak disarankan oleh para dokter:

1.    Menyiapkan dan mengatur kamar bayi secara khusus
Sebelum bayi prematur Anda pulang ke rumah, sebaiknya orangtua harus menyiapkan ruang kamar secara khusus, baik dengan segala perlengkapan dan suasana ruang. Kemudian aturlah sedemikian rupa dengan bersih dan rapi agar sang bayi prematur akan merasa aman dan nyaman di dalamnya. Sebaiknya ciptakan ruang yang tidak bising dan bersuhu 26 atau 27 derajat celcius hingga tubuh sang bayi prematur tetap hangat dan merasa nyaman.

2.    Menerapkan metode KMC (Kangaroo Mother Care) pada bayi
KMC adalah suatu metode hubungan ibu dan anak yang dilakukan seperti induk kanguru menyimpan anaknya di kantung perutnya. Bila bayi prematur memiliki berat 2,5 kg maka metode ini bisa dilakukan dengan mudah. Metode ini dilakukan agar sang bayi mendapatkan sentuhan dan kehangatan dari tubuh sang ibu hingga dia bisa merasa aman dan nyaman.

3.    Rutin ke Dokter
Melakukan perawatan sendiri bayi prematur di rumah bukan berarti harus lepas dari pengontrolan dokter. Para orangtua, terutama ibu harus rajin memeriksakan bayi prematurnya ke dokter agar kesehatannya semakin membaik dan bisa segera berkembang secara normal  kembali.

4.    Memberikan ASI secara eksklusif
Sang ibu harus memberikan ASI secara eksklusif pada bayi prematurnya karena ASI merupakan obat yang paling mujarab bagi kesehatan bayi, terutama bayi prematur.

5.    Menjaga kebersihan pakaian bayi


Menjaga pakaian bayi prematur tetap bersih merupakan cara yang cukup efektif dalam membantu kecepatan perkembangan kesehatan bayi, terutama yang prematur. Pakaian yang bersih tentu akan membuat bayi merasa nyaman sehingga bisa mempercepat proses pertumbuhan bayi menjadi normal kembali.

6.    Memberi stimulasi dan menjemur bayi pada pagi hari
Rutin memberikan stimulasi pada bayi juga dapat membantu kemajuan kesehatan bayi prematur. Anda, para ibu bisa melakukan sentuhan atau beberapa pijitan lembut pada beberapa bagian tubuh bayi yang mampu membuat bayi menjadi relaks dan nyaman. Anda juga memberikan suara-suara yang lembut yang bisa memancing saraf otak dan tubuh bayi.  Selain itu, cara menjemur bayi prematur di pagi hari bisa membantu mempercepat proses kesehatannya karena sinar matahari di pagi hari dipercaya memberikan efek bagus bagi kesehatan kulit.       

7.    Siap siaga 
Para orangtua, terutama sang ibu harus bisa siap siaga bila terjadi hal-hal yang tak terduga pada bayi prematurnya. Berikan perhatian penuh pada sang bayi prematur agar bisa tetap terjaga dengan baik hingga bisa tumbuh secara normal kembali.

Begitulah cara merawat bayi prematur 8 bulan yang baik dan juga banyak disarankan oleh para dokter pada umumnya. Semoga memberikan manfaat ya, guys!
-in-

0 Response to "Beginilah Cara Merawat Bayi Prematur 8 Bulan Yang Baik"

Poskan Komentar