9 Cara Menambah Nafsu Makan Buat Ibu Hamil

Advertisement
Kehilangan nafsu makan merupakan hal yang sering dikeluhkan oleh para ibu hamil. Hal tersebut kebanyakan disebabkan oleh rasa mual dan pusing serta stress yang memang sering melanda melanda ibu hamil, terutama pada saat 3 bulan kehamilan. Padahal kita mengetahui bahwa ibu hamil seharusnya tetap harus menjaga makannya dengan baik dan teratur agar janinnya bisa berkembang dengan baik.


Oleh karena itulah, para ibu hamil sudah seharusnya untuk segera mengatasi kehilangan nafsu makannya, baik  demi kesehatan janin dan dirinya sendiri. Dalam artikel ini, kami akan mencoba membantu para ibu hamil untuk bisa tetap menjaga atau bahkan menambah nafsu makannya sampai bayi lahir secara normal dan sehat. Berikut tips cara menambah nafsu makan buat ibu hamil;

1.    Membuat aturan tentang asupan serat
Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama tubuh yang sedang hamil. Serat yang cukup akan membuat kebutuhan air dalam tubuh tercukupi dengan baik hingga bisa menghindari sembelit juga membuat perut cepat kenyang tetapi akan mudah lapar dalam rentan waktu yang dekat.

2.    Mengkonsumsi sup ringan
Sup ringan, seperti sup jagung dan makaroni merupakan solusi yang tepat dalam mengurangi rasa mual akan nasi. Anda bisa membuat sup ringan untuk makan siang Anda. Usahakan masukan juga variasi beberapa sayuran, seperti brokoli atau wortel dalam sup tersebut dan kurangi porsi bumbu kaldu dalam sup.

3.    Mengkonsumsi lebih banyak sayuran atau salad
Ibu hamil sebaiknya rutin memakan lebih banyak sayuran dan buah untuk bisa terus menjaga pola makannya, terutama dari makanan berkalori tinggi. Buatlah salad sayuran atau buah sebagai makanan sampingan, terutama di waktu siang menjelang sore hari.

4.    Mengkonsumsi buah-buahan tertentu
Berdasarkan penelitian, buah-buahan seperti jeruk bali mampu membantu kita merasa cepat kenyang dan menjaga gula darah dalam tubuh tetap stabil karena kandungan serat larutnya yang tinggi. Ibu hamil juga disarankan mengkonsumsi aneka jeruk, pisang serta apel

5.    Mengkonsumsi susu khusus ibu hamil dan rendah lemak
Protein memiliki kemampuan sebagai pengatur nafsu makan, terutama pada ibu hamil. Susu khusus ibu hamil dan rendah lemak kebanyakan memiliki tingkat protein yang tinggi hingga janin bisa berkembang baik dan ibu menjadi lebih berenergi.

6.    Mengkonsumsi makanan dari kedelai dan cemilan kacang-kacangan
Kedelai dan kacang-kacangan banyak mengandung protein selain mengandung lemak dan karbohidrat. Makanan nabati ini akan mampu menambah nafsu makan ibu hamil, selain memberi sedikit energi bagi tubuh.

7.    Usahakan makan dengan porsi sedikit tetapi dengan rentan waktu yang dekat
Berdasarkan penelitian, otak memerlukan waktu sekitar 20 menit dalam menyampaikan perut dalam keadaan sudah kenyang. Dengan kata lain, para ibu hamil disarankan untuk makan lebih sering meskipun dengan porsi sedikit. Cara ini juga mampu mengurangi rasa mual yang terlalu sering pada ibu hamil.

8.    Menghindari rasa lelah yang berlebihan dan stress 
Rasa lelah yang berlebihan dan stress akan mampu membuat ibu hamil kehilangan akan nafsu makannya. Oleh karenanya, hindari banyak aktivitas dan melakukan beberapa kegiatan ringan untuk bisa menghindari stress.

9.    Rutin melakukan olahraga ringan
Umumnya tubuh akan merasa cepat lapar sehabis berolahraga. Untuk ibu hamil, lakukanlah yoga atau senam ringan dengan rutin setiap pagi dan sore, karena hal itu akan memabnntu meningkatkan nafsu makannya.

Demikianlah tips tentang cara menambah nafsu makan buat ibu hamil. Selamat mencoba tipsnya moms!

0 Response to "9 Cara Menambah Nafsu Makan Buat Ibu Hamil"

Poskan Komentar