Beginilah Cara Mengeluarkan Dahak Bayi Saat Batuk Yang Efektif

Advertisement
Pada saat sang bayi terkena flu, tentu akan membuat sang ibu merasa sangat khawatir. Terlebih bila sang bayi menjadi rewel dan tidak nyaman dengan dahak yang mungkin bersemayam di saluran pernapasannya, terutama tenggorokan dan hidung. Tidak hanya saat flu saja, bahkan di kala tidak terserang flu dan batuk pun, saluran pernapasan bayi bisa dipenuhi lendir atau dahak meskipun sangat jarang terjadi.


Bila bayi Anda sedang mengalami hal yang sama, sebaiknya jangan panik duluan karena masalah seperti ini bisa diatasi sendiri dengan beberapa cara yang tidak akan membuat bayi lebih tidak nyaman lagi. Berikut cara mengeluarkan dahak bayi saat batuk:
  1. Posisikan kepala bayi ke lebih tinggi dari badannya dengan menggunakan bantal saat ia tidur agar dahak atau lendir lebih mudah dikeluarkan. Atau ubah posisi tidur bayi menjadi tengkurap, hingga lendir akan bisa turun ke arah mulut.
  2. Atur suhu ruang bayi menjadi hangat karena udara yang hangat bisa membantu dalam mencairkan lendir dalam saluran pernapasannya hingga mudah dikeluarkan.
  3. Bila sang bayi tidak alergi, usapkan minyak telon atau balsem bayi pada bagian dada, leher dan punggung tubuh si bayi serta usahakan menjemur bayi setiap pagi pukul 8-9 pagi agar bisa memperlancar lendir untuk keluar dari saluran pernafasannya.
  4. Anda bisa lakukan tepukan lembut berulang di punggung saat bayi ditengkurapkan lalu balikin lagi ke posisi terlentangnya dengan arah kanan kiri secara perlahan dan hati-hati. Metode ini dilakukan saat bayi belum makan dan minum apapun. Cara itu akan lebih memudahkan lendir untuk keluar, baik melalui hidung atau muntahan atau feses saat bayi BAB. 
  5. Bila hidung bayi tersumbat, Anda bisa memberikan tetesan air garam fisiologis ke hidung bayi. Atau kita bisa ikutkan bayi dalam terapi inhalasi/fisioterapi. Cara ini mampu membuat lendir dalam hidung akan mencair. Bila tidak berubah, segera konsultasi ke dokter.
Itulah cara-cara mudah mengeluarkan dahak bayi saat batuk secara alami dan cukup efektif untuk bisa diterapkan, terutama oleh para ibu. Semoga bahasan seputar merawat bayi sehat ini bermanfaat, ladies!              
-in-

0 Response to "Beginilah Cara Mengeluarkan Dahak Bayi Saat Batuk Yang Efektif"

Poskan Komentar