Belajar Cara Sehat Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Advertisement
Keinginan untuk turut berpuasa, terutama berpuasa di bulan Ramadhan tentu menjadi hak setiap muslim. Tak terkecuali ibu yang sedang hamil, terlebih setelah mengetahui bahwa puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi bagi setiap muslim. Nah, seperti yang telah kita ketahui bahwa kondisi ibu yang sedang hamil tentulah berbeda, karena biasanya ibu hamil rentan akan rasa pusing dan mual. Rasa pusing dan mual pada ibu hamil disebabkan karena perubahan hormonal yang bisa berpengaruh pada tingkat produksi asam lambung dan sistem metabolisme tubuh. Lalu apakah hal tersebut bisa menghambat ibu hamil dalam berpuasa? Tentu saja tidak, karena hal tersebut sebenarnya diatasi dengan cara sehat yang cukup sederhana saja.


Apa saja caranya agar ibu hamil bisa berpuasa tanpa mengganggu kondisinya? Inilah cara sehat berpuasa bagi ibu hamil;

1. Menggunakan menu 4 sehat 5 sempurna dalam menu sahur dan buka puasa
Bagi ibu hamil makanan yang dimakannya memmang sedikit berbeda tetapi tetap harus masuk dalam menu 4 sehat 5 sempurna. Jadi di setiap sahur dan buka puasa harus tersedia makanan yang mengandung karbohidrat, protein tinggi dan juga sedikit lemak. Seperti menu nasi, ikan goreng, sayur sop dan buah.

2. Mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah serta air putih
Usahakan dalam menu sahur dan buka untuk ibu hamil, makan sayuran dan buahnya lebih diperbanyak. Di malam harinya harus meminum banyak air putih, agar sistem pencernaan tetap terjaga keseimbangan hormon dan kelancaran penyaluran nutrisinya.

3. Tetap meminum susu dan suplemen ibu hamil setiap sahur
Ibu hamil tetap harus rajin meminum susu dan suplemen atau vitamin yang dianjurkan dokter. Minumlah susu dan suplemen ketika saat sahur. Usahakan sahur jangan terburu-buru karena ibu hamil harus tetap relaks agar tidak mengganggu metabolisme tubuhnya.

4. Hindari makanan yang pedas
Seperti yang yang telah diketahui bahwa makanan yang pedas mengandung zat pemicu hormon bekerja lebih cepat, hingga hal tersebut tidak baik bagi kesehatan ibu dan janinnya, terutama di kala sedang menjalankan puasa.

5. Hindari minum es 
Keinginan meminum es di saat berbuka memang tak tertahankan, tetapi para ibu hamil harus waspada terhadap resiko negatif dari banyak atau terlalu sering minum es bagi janin dan tubuhnya itu. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari meminum es di kala berbuka puasa.

6. Istirahat yang cukup
Tidak sedang berpuasa saja ibu hamil tetap harus istirahat yang cukup, apalgi bila ibu hamil sedang berpuasa. Usahakan hindari aktivitas yang berlebih agar tubuh tidak terganggu akibat rasa lelah.  

Itulah tadi uraian cara-cara sehat berpuasa bagi ibu hamil. Cukup simpel, kan? Maka dari itu, tetap laksanakan kewajiban puasa Anda sebagai muslimah meski  sedang hamil, Moms!

0 Response to "Belajar Cara Sehat Berpuasa Bagi Ibu Hamil"

Poskan Komentar