Inilah Cara-Cara Mengatasi Nyeri Pinggang Ibu Hamil

Advertisement
Nyeri pada bagian pinggang atau sakit pinggang merupakan salah satu gejala yang biasa dialami oleh para ibu hamil, terutama pada saat trimester ketiga. Hal tersebut disebabkan oleh adanya suatu proses pelepasan hormon tubuh hingga mengakibatkan peregangan bagian ligamen tulang panggul. Nyeri pinggang ini bisa diakibatkan karena tulang panggul menahan beban janin di perut. Oleh karena itu, sangat wajar bila banyak ibu hamil, terutama hamil tua yang mengeluh nyeri dibagian pinggangnya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya secara alami dan tanpa banyak repot harus konsul ke dokter dan minum obat yang mungkin bisa membahayakan perkembangan janin? Untuk menjawabnya, langsung simak saja tips cara mengatasi nyeri pinggang ibu hamil;

1.       Mengatur pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat merupakan hal utama untuk menjaga kesehatan juga membantu tubuh yang sakit menjadi cepat pulih. Jadi para ibu hamil harus menerapkan pola makan  yang sehat dan teratur agar kondisinya tetap fit dan serangan beberapa penyakit akan mudah teratasi terutama penyakit nyeri pinggang. Pada makanan dan minuman untuk ibu hamil sebaiknya mengandung lebih banyak kalsium dan protein untuk menjaga kesehatan tulang dan janin. Kalsium tinggi pada ibu hamil akan membantu mengatasi segera penyakit nyeri  pinggangnya.

2.       Menjaga postur tubuh di setiap kegiatan

Seiring dengan  perkembangan janin dalam perut, tentu posisi tubuh ibu hamil agak sulit normal seperti saat belum hamil karena tulang panggul akan terus menekan. Tetapi usahakan untuk tetap tegak saat berdiri dengan dada tegap. Bila kesulitan, berusahalah untuk mengurangi porsi berdiri lama di setiap kegiatan untuk mengurangi rasa nyeri pinggang yang sering mengganggu.

3.       Mengenakan sepatu yang tepat dan nyaman

Para ibu hamil, terutama yang sering mengeluh nyeri pada bagian pinggangnya disarankan untuk menggunakan sepatu hak tinggi atau high heels. Karena high heels akan lebih menekan tulang belakang dan sendi pinggul. Dalam hal ini, ibu hamil disarankan untuk memakai sepatu yang tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu pendek/flat serta yang pas dan nyaman di kaki. Cara ini akan mengurangi gangguan nyeri pinggang pada ibu hamil.

4.       Melakukan Olahraga ringan dengan teratur


Olahraga ringan, seperti yoga dan jalan santai di pagi hari secara teratur dapat membantu dalam mengatasi nyeri pinggang pada ibu hamil. Oleh karena itu, usahakan selalu untuk berolahraga ringan di pagi hari yang sejuk karena selain membantu meredakan nyeri pinggang, juga sangat baik bagi kesehatan tubuh lainnya dan janin. Olahraga renang juga bisa membantu mengatasi nyeri pinggang selain merelakskan seluruh anggota tubuh ibu hamil.

5.       Tidur dalam posisi menyamping

Tidur dalam posisi menyamping ini sangat dianjurkan bahkan wajib bagi ibu hamil. Posisi menyamping ini sangat berguna bagi kesehatan janin dan juga ibu hamil itu sendiri. Selain memberikan kenyamanan bagi tubuh, posisi tidur menyamping ini juga bisa mengatasi nyeri pinggang pada ibu hamil. 

6.       Melakukan akupuntur atau pijatan

Cara ini merupakan alternatif lain bila gangguan nyeri pinggang pada ibu hamil masih terus berlanjut. Sebelum melakukan akupuntur dan pijatan, sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter untuk mendapatkan rekomendasi tentang jenis akupuntur yang tepat dan hal lainnya yang terkait.

Itulah tips atau cara-cara mengatasi nyeri pinggang ibu hamil di sini. Semoga bermanfaat dan salam hangat dari tim kesehatanibuhmail.com untuk keluarga di rumah!

0 Response to "Inilah Cara-Cara Mengatasi Nyeri Pinggang Ibu Hamil"

Poskan Komentar