Trik Jitu Cara Memilih Susu Formula Yang Baik Untuk Bayi

Advertisement
Memiliki bayi yang sehat tentu saja menjadi dambaan setiap orangtua. Bayi yang sehat perlu didukung dengan asupan gizi yang mencukupi kebutuhan tubuh  sang bayi. Salah satu asupan penting yang bisa mendukung kesehatan bayi adalah susu. Susu tidak hanya harus dari ASI saja, tetapi juga bisa didampingi dengan susu formula. Sekarang ini sudah banyak produk susu formula bayi yang  dijual di pasaran dengan variasi kandungan gizi dan harga tentunya. Tetapi yang perlu dingat di sini adalah bahwa susu formula yang mahal, belum tentu cocok dan baik untuk bayi Anda.


Para orangtua harus bisa memilih susu formula yang baik dan cocok bagi sang buah hatinya demi kesehatan dan pertumbuhan sang bayi itu sendiri. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips jitu cara memilih susu formula yang baik untuk bayi Anda. Berikut tipsnya;

1.    Dengan memperhatikan apakah bayi memiliki alergi atau tidak
Memberikan susu formula yang salah kepada bayi Anda bisa menyebabkan sang bayi alergi dan kemudian mudah terserang berbagai penyakit. Langkah pertama dalam memilih susu formula yang baik adalah perhatikan dulu kondisi bayi Anda sendiri atau konsultasikan dahulu dengan dokter tentang apakah bayi Anda memiliki alergi atau tidak terhadap susu tertentu. Bila tidak, maka anda bisa memilih dengan lebih leluasa antara susu sapi, susu fermentasi. Dan apabila memiliki alergi, maka kebanyakan dokter akan lebih menyarankan bayi.

2.    Mencocokkan susu formula dengan usia bayi
Kebutuhan gizi bayi terhadap susu formula tentu saja berbeda tingkatannya  sesuai dengan usia bayi. Kebutuhan asupan gizi ini tentu saja harus disesuaikan dengan perkembangan tubuh dan usia sang bayi. Jadi sudah diharuskan susu formula sekarang ini memiliki tanda atau label khusus usia bayi yang tentu saja telah disesuaikan kadar kandungan gizi susu formula itu sendiri.  

3.    Dengan memperhatikan kualitas susu formula
Langkah ini adalah yang terpenting untuk bisa dilakukan oleh  para orangtua demi kesehatan dan keselamatan bayinya. Pilihlah susu formula yang sudah mengikuti standar GMP (Good Manufacturing Product) dan European Union (EU), the United States Food and Drug Administration (U.S FDA) dan diharuskan sudah memiliki ijin BPOM atau sudah memenuhi syarat dari peraturan perundang-undangan standar makanan sehat yang berlaku di Indonesia.

4.    Memperhatikan kadar komposisi susu formula
Langkah berikutnya dalam memilih susu formula yang baik adalah memilih susu formula yang kadar gizinya mendekati kadar gizi ASI (Air Susu Ibu), terutama bila diperuntukkan bayi berumur kurang dari dua tahun. Zat DHA, LA, AHA, FOS dan GOS, Kolin, beta karoten, omega3 serta omega6 merupakan unsur zat penting yang harus dimiliki oleh susu formula yang baik buat bayi.

Demikian trik jitu dalam cara memilih susu formula yang baik untuk bayi Anda yang kami bahas di sini. Semoga bahasan ini bisa menjadi pencerahan, terutama bagi Anda yang mungkin sedang bingung dalam menentukan susu formula yang baik dan tepat bagi sang buah hati Anda.

0 Response to "Trik Jitu Cara Memilih Susu Formula Yang Baik Untuk Bayi"

Poskan Komentar