Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Kulit Bayi Secara Tepat dan Cepat

Advertisement
Umumnya biang keringat bisa muncul di beberapa bagian kulit bayi akibat cuaca yang panas dan lembab serta bayi dalam keadaan demam dan pori-pori kulit bayi tersumbat hingga keringat tidak bisa keluar. Bila bayi Anda sedang mengalami gangguan biang keringat ini, jangan lekas cemas karena sebenarnya biang keringat umumnya akan bisa hilang sendiri selama beberapa hari jika tidak mengalami infeksi akibat garukan atau lainnya.


Dan untuk mengurangi rasa gatal dan mempercepat hilangnya biang keringat tersebut, berikut kami berikan tips cara menghilangkan biang keringat pada kulit bayi secara tepat dan cepat ;

1.       Mengoleskan minyak telon

Untuk mengatasi biang keringat, Anda bisa mengoleskan minyak telon pada kulit bayi yang terkena biang keringat. Sebaiknya gunakan minyak telon yang kandungan minyak kelapanya 60% agar bayi tidak terlalu merasa panas.

2.       Menaburkan bedak gatal khusus bayi

Selain minyak telon, menaburkan bedak gatal khusus bayi juga bisa mengatasi biang keringat ini. Tiap bayi sehabis mandi, taburkan bedak gatal pada bagian kulit yang terkena biang keringat. Anda juga bisa mencampur bedak gatal tersebut dengan sedikit air, seperti layaknya bedak dingin atau masker.

3.       Memandikan bayi secara bersih dan teratur

Bila tubuh bayi bersih, maka segala penyakit seperti biang keringat ini akan cepat hilang . Tetap selalu mandikanbayi Anda dua kali dalam sehari secara teratur dan rutin.

4.       Memakaikan bayi pakaian berbahan serat alami dan tidak terlalu ketat

Bila bayi Anda mengalami biang keringat atau penyakit kulit lainnya, maka segeralah mengganti pakaian bayi dengan berbahan serat alami dan tidak ketat karena pakaian seperti ini akan lebih nyaman bagi bayi karena tidak panas atau mampu ikut menyerap keringat bayi saat banyak bergerak.

5.       Menghindari udara panas dan lembab

Anda sebaiknya memperhatikan sirkulasi udara ruang tidur bayi Anda. Buatlah ruang bayi menjadi sejuk dan teduh, baik dengan AC atau kipas. Tetapi jangan mengarahkan langsung ke arah sang bayi berada. Usahakan juga si bayi meminum cukup banyak air dalam menghilangkan si biang keringat secara cepat.  

6.       Jangan sering menggendong bayi

Bila cuaca sedang panas, usahakan Anda atau orang lain untuk sering menggendong bayi yang terkena biang keringat. Karena hal itu akan membuat bayi lebih merasa  panas karena cuaca dan suhu tubuh Anda atau orang lain. Oleh karenanya, untuk bayi yang terkena biang keringat, sebaiknya dibiarkan berbaring, merangkak atau bergerak sendiri ketika bangun.

7.       Menjaga kulit bayi tetap dingin

Dalam menjaga kulit bayi tetap dingin, sang ibu bisa menggunakan kain basah. Anda bisa menglap kulit bayi dengan kain basah saat bayi dirasa mulai merasa panas atau gerah.

8.       Memakaikan kulit bayi lotion atau krim seperlunya saja

Hindari pemakaian lotion atau krim pada kulit bayi  yang sedang terkena biang keringat. Gunakan lotion atau krim bila sangat diperlukan saja. Hal ini untuk mencegah terjadinya ruam dan biang keringat menjadi lebih parah.

Itulah tips tentang cara menghilangkan biang keringat pada kulit bayi secara tepat dan cepat. Selamat berikhtiar menyembuhkan si imut kesayangan di rumah!

0 Response to "Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Kulit Bayi Secara Tepat dan Cepat"

Poskan Komentar