Tips Jitu Cara Menghilangkan Kebiasaan Bayi Gigit Jari

Advertisement
Kebiasaan menggigit jari atau kuku merupakan suatu perilaku yang disebabkan oleh faktor psikologis seperti rasa tidak nyaman, cemas, penasaran, bosan, stres atau hanya sekedar kebiasaan saja. Kebiasaan menggigit jari biasanya terjadi pada anak kecil, walaupun orang dewasapun bisa memiliki kebiasaan ini juga.


Kebiasaan ini tentu terlihat sangat tidak baik, terlebih bila jari-jari tangannya sedang dalam keadaan tidak bersih dan tidak terawat dengan baik. Sehingga bisa memicu banyak kuman masuk ke dalam mulut dan tertelan ke dalam tubuh hingga bisa terkena gangguan penyakit. Oleh karena itu, kebiasaan menggigit jari atau kuku ini harus segera dihilangkan sedini mungkin, jangan sampai terbawa sampai dewasa kelak. Bila bayi Anda memiliki kebiasaan menggigit jari, sebaiknya Anda jangan terlalu membiarkannya bahkan harus segera mengatasinya agar tidak terjadi hal-hal merugikan si bayi itu sendiri nanti. Bagaimana caranya? Berikut tips jitu cara menghilangkan kebiasaan bayi gigit jari antara lain:

1.    Memberikan peringatan secara lembut
Memberikan peringatan ini dilakukan bila bayi mulai melakukan kebiasaan gigit jarinya. Lakukan dengan halus dan baik-baik tanpa menghardik atau membuatnya marah dan malu dengan cara menegurnya secara suara pelan dan bahasa yang lembut atau dengan kode gelengan kepala saja.

2.    Memberikan pengalih kebiasaan
Salah satu cara jitu dalam mengatasi kebiasaan gigit jari adalah memberinya pengalih untuk digigit atau dipegang. Pengalih untuk digigit ini bersifat sementara saja dan bisa dengan karet yang bernama Teether dan sendok. Dan pengalih untuk dipegang saja sebagai cara lanjutan bisa berupa bola kecil, playdoh atau mainan lainnya yang aman bagi bayi. Umumnya cara ini cukup mampu mengurangi kebiasaan gigit jari pada bayi.

3.    Rajin memotong kuku dan merawat serta menjaga kebersihan tangan
Bila bayi memiliki kebiasaan menggigit jari, rutinlah dalam memperhatikan tangan dan jarinya. Potonglah kuku dan rawat secara rutin serta jaga kebersihan tangannya. 

4.    Memakaikan sarung tangan
Cara ini bisa dilakukan dalam membantu menghilangkan kebiasaan menggigit jari pada bayi, terutama balita. Saring tangan tentunya harus yang bersih dan berbahan serat alami.

5.    Menghubungi dokter ahli atau  psikolog bila diperlukan
Cara ini bisa dilakukan bila sangat diperlukan guna mendapatkan pencegahan dan perawatan yang tepat bagi bayi Anda.

Demikianlah beberapa tips jitu cara menghilangkan kebiasaan bayi gigit jari yang dapat kami bagi di sini. Semoga bermanfaat!

-inna green-

0 Response to "Tips Jitu Cara Menghilangkan Kebiasaan Bayi Gigit Jari"

Poskan Komentar