Bagaimana Cara Mengobati Bisul Di Kepala Bayi Secara Cepat dan Aman?

Advertisement
Bisul (Furunkel) merupakan salah satu gangguan atau penyakit pada kulit. Bisul ini bisa menimpa siapa saja dan bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti eksim, impetigo, alergi, dermatitis, cacar dan lain sebagainya. Tetapi kebanyakan bisul disebabkan karena faktor impetigo yang merupakan suatu infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Impetigo tentu saja bisa menular baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, kita sebaiknya menghindari gejala impetigo ini dengan selalu menjaga kebersihan tubuh, tempat tinggal dan lingkungan sekitarnya, terutama bagi yang memiliki anak atau bayi.


Tubuh bayi sangat rentan terhadap kuman dan bakteri bila kita lalai dalam perawatannya, seperti dalam menjaga kebersihan tubuh dan kamar tidurnya. Lalu bagaimana jika seorang anak atau bayi sudah terkena penyakit bisul, terutama di bagian kepalanya? Untuk menjawabnya, berikut akan kami uraikan beberapa tips tentang cara mengobati bisul di kepala bayi tersebut :

1.       Memberikan bedak khusus di sekitar bisul

Pada bayi yang tengah mengalami bisul di kepalanya, sebaiknya setelah mandi pagi dan sore diberi bedak salicyl atau bedak menthol pada sekitar bisul. Cara ini mengurangi rasa gatal dan mencegah bisul pecah. Lakukan secara rutin dan telaten setiap hari.

2.       Mencegah bayi menyentuh atau menggaruk daerah bisul

Selain Anda dan yang lainnya, sang bayi juga tidak boleh sampai menyentuh apalagi sampai menggaruk bisul di kepalanya. Jadi usahakan selalu mengawasi kondisi bayi Anda untuk mencegah orang lain dan bayi menyentuh bahkan menggaruk bisul tersebut.

3.       Memperbanyak sayur dan buah

Cara ini mungkin lebih diperuntukan untuk sang ibu yang menyusui bayi yang sedang bisulan. Sayuran dan buah akan memperbaiki kualitas ASI karena dari ASI yang berkualitas tersebut sang bayi akan cepat pulih dari segala macam penyakit, termasuk sakit bisul.

4.       Selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum bersentuhan atau melakukan kontak

Sang ibu haruslah selalu mencuci tangannya dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan kontak dengan bayi yang mengalami bisul dan orang lain. Cara ini bisa mempercepat pemulihan bisul dan mencegah penularannya. 

5.       Hindari pemakaian pakaian dan handuk secara bersamaan

Cara ini lebih diperuntukan sang bayi daripada sang ibu karena tubuh bayi sangat rentan terhadap kuman dan bakteri, terutama pada pakaian dan handuknya. Hindarkan pemakaian bersama handuk dan pakaian pada bayi dan juga sang ibu.

6.       Konsultasi dan pergi ke dokter anak

Cara ini boleh dilakukan jika bisul tak kunjung membaik atau sembuh. Bila bisul semakin parah biasanya bayi akan selalu rewel dan terus menangis karena merasa sakit dan tidak nyaman. Segera konsultasi ke dokter anak untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan terbaik untuk sang bayi.

Begitulah tips tentang cara mengobati bisul di kepala bayi di sini. Lakukan tips di atas dengan melihat kondisi si baby, semoga lekas sembuh ya bunda!

0 Response to "Bagaimana Cara Mengobati Bisul Di Kepala Bayi Secara Cepat dan Aman?"

Poskan Komentar