Tips Cara Tidur Ibu Hamil Kembar Yang Baik

Advertisement
Para ibu hamil tentu memiliki kebutuhan dan cara tersendiri dalam menjalani masa kehamilannya. Dan segala kebutuhan ibu hamil harus sangat diperhatikan sedini mungkin agar ibu hamil dan janin dalam kandungannya senantiasa tetap sehat dan berkembang dengan baik dan sesuai dengan tahap pertumbuhan tiap bulannya, terutama bagi ibu hamil kembar. Ya, cara pemenuhan perilaku dan kebutuhan ibu hamil kembar agak berbeda atau diperhatikan secara khusus pula, baik demi sang ibu dan kedua janin dalam kandungannya.


Salah satu perilaku yang mendapat perhatian khusus bagi ibu hamil kembar selain pola makannya, adalah cara tidurnya. Cara tidur ibu hamil kembar lebih khusus untuk terus diperhatikan karena kalau salah posisi tidur bisa sangat membahayakan kedua janinnya. Dan sang ibu juga akan merasa tidak nyaman  bila posisi tidurnya salah. Di sini kami akan memberikan tips-tips cara tidur ibu hamil kembar yang baik dan benar yang disesuaikan usia kehamilannya. Langsung simak saja yuk tipsnya, bunda;

1.    Usia Trimester Pertama Kehamilan
Biasanya kehamilan kembar sudah bisa diketahui sejak bulan pertama masa kehamilan. Jadi ibu hamil kembar harus menerapkan cara tidur yang benar ini sedari awal. Pada masa kehamilan 1, 2 dan 3 bulan, ibu hamil masih boleh tidur dalam apapun, kecuali posisi tengkurap.

2.    Usia Trimester Kedua Kehamilan
Posisi yang dibolehkan sudah mulai berubah ketika kehamilan memasukin bulan ke 4, 5 dan 6.  Untuk usia trimester kedua ini, ibu hamil disarankan untuk tidak lagi tidur terlentang apalagi tengkurap. Posisi terlentang akan bisa menekan rahim ke arah belakang hingga bisa menajdi salah satu pemicu  gangguan kesehatan sang ibu, seperti sakit pinggang, sakit pencernaan, wasir bahkan bisa memicu tekanan darah menjadi menurun secara  drastis. Oleh karena itu, hindari posisi terlentang saat tidur, dan usahakan selalu lebih sering ke posisi miring ke kiri karena aliran darah tubuh ibu hamil tidak akan terganggu hingga kesehatan bisa tetap stabil.

3.     Usia 8 Bulan Atau Trimester Ketiga
Ibu hamil yang memasuki bulan 8 dan seterusnya, akan lebih disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kebiasaan tidurnya, dalam hal ini posisi tidur. Posisi miring ke kiri adalah yang terbaik bagi ibu hamil kembar, tetapi bila kurang nyaman ibu hamil bisa menempatkan bantal di punggung atau pinggang agar bisa nyaman tidur. Atau  bisa bersandar tetapi posisi harus tetap posisi miring.

Demikianlah tips-tips cara tidur ibu hamil kembar yang baik dan benar yang disesuaikan usia kehamilannya di sini. Selamat menerapkannya ya mama.!

0 Response to "Tips Cara Tidur Ibu Hamil Kembar Yang Baik"

Poskan Komentar